Bank berlomba-lomba ekspansi di digital

redaksi.co.id - Bank berlomba-lomba ekspansi di digital Tak mau tergilas zaman, sejumlah bank besar memacu ekspansi pada perbankan digital. Aksi ini ditempuh sebagai upaya untuk mencegah...

45 0

redaksi.co.id – Bank berlomba-lomba ekspansi di digital

Tak mau tergilas zaman, sejumlah bank besar memacu ekspansi pada perbankan digital. Aksi ini ditempuh sebagai upaya untuk mencegah digerogoti oleh perusahaan teknologi keuangan (fintech) yang terus menjamur.

Data terbaru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, ada 160 perusahaan fintech di Indonesia. Sebagian besar perusahaan ini menggarap ladang bisnis pinjaman uang dengan skemapeer to peer lending.

Sis Apik Wijayanto, Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengatakan, tahun ini pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp 2,4 triliun untuk mengembangkandigital banking. Dana ini untuk meningkatkan perangkat keras, perangkat lunak dan server. Dia menambahkan, BRI fokus meningkatkan fiturmobiledaninternet banking.

Senada, Lani Darmawan, Direktur Perbankan Konsumer PT CIMB Niaga Tbk mengatakan, banknya sudah gencar berinvestasi didigital bankingdalam beberapa tahun terakhir. Karena berdasarkan survei, yang diinginkan nasabah adalah layanan cepat, tepat, dimana pun dan kapan pun, ujar Lani kepada KONTAN, Kamis (6/4). Di lini bisnis perbankan digital, tahun ini CIMB Niaga fokus memacu pembukaan akun rekening baru,cross sellingdan meningkatkan transaksimobile banking.

Bank kecil pun turut berlomba membesar lini bisnis perbankan digital. Misalnya saja PT Bank Ina Perdana Tbk yang mengincar bisnisdigital bankingseiring dengan status mereka yang naik kelas ke bank umum kegiatan usaha (BUKU) II pada tahun ini.

Pascarights issueyang dilakukan pada Maret 2017, permodalan Bank Ina berpotensi bertambah sebesar Rp 695,41 miliar dari sebesar Rp 454,4 miliar di akhir 2016.

Edy Kuntardjo, Direktur Utama Bank Ina bilang, pihaknya akan langsung tancap gas mengembangkantransactional banking. Bank yang sebagian sahamnya dimiliki Salim Group ini akan mengoptimalkandigital bankinguntuk menggenjot penyaluran kredit mikro lewat fitur semisalvirtual accountdaninternet banking.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!