Pemudik Sepeda Motor akan Diarahkan via Laut

redaksi.co.id - Pemudik Sepeda Motor akan Diarahkan via Laut Pemudik motor terjebak macet di jalur alternatif Karawang-Cikampek, Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (27/7/2014). Arus mudik ke...

74 0

redaksi.co.id – Pemudik Sepeda Motor akan Diarahkan via Laut

Pemudik motor terjebak macet di jalur alternatif Karawang-Cikampek, Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (27/7/2014). Arus mudik ke kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur diperkirakan akan masih padat hingga H-1 Lebaran. KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai giat mengevaluasi kesiapan mudik 2017. Selain melakukan peninjauan fasilitas di Pelabuhan Merak, Kemenhub juga sedang menyiapkan skenario untuk menekan para pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat Pudji Hartanto, mengatakan, kemungkinan besar pemudik sepeda motor angkanya akan bertambah, untuk itu perlu diantisipasi karena menyangkut masalah keselamatan di jalan.

“Harusnya sepeda motor itu semakin tahun semakin berkurang jumlahnya, karena tingkat fatalitasnya semakin tinggi. Pemerintah akan berusaha untuk mengurangi pengemudi motor yang akan mudik, beberapa cara sudah kami siapkan,” kata Pudji di Pelabuhan Merak, Kamis (6/4/2017).

Pudji menjelaskan salah satu cara paling memungkinkan saat ini adalah menyiapkan fasilitas untuk mudik gratis. Selain dari pemerintah, pihaknya juga berupaya untuk menggandeng beberapa pihak swasta, bahkan ada wacana melibatkan jalur laut.

“Langkah ini sudah diterapkan di tahun-tahun sebelumnya, tapi tahun ini mudah-mudahan akan bertambah. Ada juga yang baru, jadi sesuai arahan dari pak menteri rencananya Kapal Ro-Ro akan dimanfaatkan untuk menggangkut pemudik motor dari Jakarta sampai Semarang,” ucap Pudji.

Langkah ini, lanjut Pudji, akan kita kaji dan mudah-mudahan bisa berjalan. Dengan begitu hal ini bisa menekan peredaran sepeda motor yang melintas di kawasan ramai pemudik, seperti kawasan Panturan dan lainnya.

“Intinya kita akan mengiring pemotor melalui angkutan alternatif, selain Kapal Ro-Ro, beberapa moda angkutan barang juga akan kita libatkan untuk membawa sepeda motor pemudik,” ucap Pudji.

Penulis: Stanly Ravel

Editor: Agung Kurniawan

Copyright Kompas.com

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!