Hasil Selfie Kurang Sempurna, Adobe Siapkan Solusinya

redaksi.co.id - Hasil Selfie Kurang Sempurna, Adobe Siapkan Solusinya Adobe mengembangkan teknologi artificial intelligence dan machine learning untuk mempercantik selfie. AdobeAdobe, salah satu nama yang paling...

67 0

redaksi.co.id – Hasil Selfie Kurang Sempurna, Adobe Siapkan Solusinya

Adobe mengembangkan teknologi artificial intelligence dan machine learning untuk mempercantik selfie. Adobe

Adobe, salah satu nama yang paling dikenal di dunia digital imaging, rupanya tak mau ketinggalan tren selfie. Perusahaan itu tengah mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan machine learning untuk memermak foto selfie sehingga tampak lebih cantik.

Selama inin kualitas foto selfie terbentur sejumlah batasan, seperti jenis lensa yang digunakan mesti lebar karena kendala jarak ponsel dengan wajah pengguna.

Akibatnya, foto wajah seringkali tampak membulat, tidak natural seperti apabila diambil dengan menggunakan lensa portrait kamera digital. Efeknya antara lain bagian hidung tampak lebih besar dan tidak proporsional.

Nah, AI di platform Sensei besutan Adobe mampu mengenali wajah dan mengubah bentuknya sehingga tidak tampak membulat.

Dalam hal ini sang AI menyimulasikan hasil tangkapan gambar kamera tradisional. Selfie bisa dibuat seolah diambil lewat lensa dengan focal length tradisional untuk portrait yang tampak lebih alami.

Pengguna bahkan bisa sedikit mengubah-ubah angle wajah setelah foto diambil, juga menambah efek background blur tanpa butuh bantuan lensa kedua karena AI Adobe mampu memisahkan subyek foto dan latar belakang.

Kemampuan lainnya, AI Adobe bisa mengenali style sebuah foto dan menerapkannya ke selfie hasil jepretan sendiri sehingga pengguna bisa meniru gaya selfie yang diinginkan dengan mudah.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Jumat (7/4/2017), dengan begini, diharapkan AI Adobe bisa membantu pengguna menjepret foto selfie yang cantik tanpa butuh skill fotografi ataupun peralatan kamera yang mumpuni.

Belum jelas kapan teknologi Adobe ini bakal dirilis ke publik. Selagi menunggu kepastian, simak aksinya dalam video di .

Penulis: Oik Yusuf

Editor: Reza Wahyudi

Sumber:

Copyright Kompas.com

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!