Formula 1 Tiongkok: Tidak Tersentuh, Hamilton Pecundangi Vettel

redaksi.co.id - Formula 1 Tiongkok: Tidak Tersentuh, Hamilton Pecundangi Vettel Lewis Hamilton keluar sebagai juara Formula 1 (F1) seri Tiongkok di Shanghai International Circuit, Minggu (9/4/2017)....

45 0

redaksi.co.id – Formula 1 Tiongkok: Tidak Tersentuh, Hamilton Pecundangi Vettel

Lewis Hamilton keluar sebagai juara Formula 1 (F1) seri Tiongkok di Shanghai International Circuit, Minggu (9/4/2017). Namun yang jadi sorotan adalah Max Verstappen dari tim Red Bull.

Hamilton mengawali balapan dari pole position. Pembalap tim Mercedes ini terus memimpin balapan dan relatif tak terusik oleh penetrasi pembalap tim Ferrari, Sebastian Vettel di posisi kedua. Vettel sendiri lebih sibuk meladeni tantangan rekan setim Hamilton, Valeri Bottas yang berada di posisi ketiga.

Balapan segera dihentikan sementara setelah Lance Stroll bertabrakan dengan Sergio Perez. Mobil penyelamat (safety car) pun masuk ke sirkuit untuk memandu balapan.

Saat balapan dimulai kembali, Verstappen melejit langsung ke urutan depan. Padahal, ia start dari posisi ke-16 karena hasil buruk di sesi kualifikasi kemarin.

Tak lama setelah insiden Stroll dan Perez, balapan kembali dihentikan. Penyebabnya adalah mobil pembalap Sauber, Antonio Giovinazzi yang menabrak tembok pembatas di lap 4.

Insiden-insiden yang terjadi itu tidak memengaruhi posisi Hamilton di tempat pertama. Pembalap asal Inggris ini melaju mulus memimpin balapan hingga akhir.

Persaingan seru justru terjadi untuk memperebutkan posisi kedua dan ketiga. Persaingan itu melibatkan Verstappen, Vettel, dan Kimi Raikkonen. Mereka bergantian menempati posisi kedua dan ketiga.

Vettel akhirnya memenangi persaingan dengan rekan setimnya tersebut dan finis di posisi kedua. Raikkonen pun terpaksa finis di tempat ketiga. “Saya menjalani balapan yang luar biasa, saya mencoba mengganggu Hamilton tapi dia bisa merespon dengan baik,” ujar Vettel selepas balapan.

Berkat kemenangan ini, Hamilton sukses membalas dendam kekalahan atas Vettel pada seri pembuka F1 di Australia. Kala itu, Vettel keluar sebagai juara.

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!