Kampung Kuno Lebih Tua dari Piramida Mesir Ditemukan di Kanada

redaksi.co.id - Kampung Kuno Lebih Tua dari Piramida Mesir Ditemukan di Kanada Foto: Seorang arkeolog di lokasi penggalian di Pulau Triquet, Kanada. Arkeolog menemukan sebuah permukiman...

63 0

redaksi.co.id – Kampung Kuno Lebih Tua dari Piramida Mesir Ditemukan di Kanada

Foto: Seorang arkeolog di lokasi penggalian di Pulau Triquet, Kanada. Arkeolog menemukan sebuah permukiman berusia 14.000 tahun lalu, yang diklaim sebagai situs kuno lebih tua dari piramida Mesir.CTV/Hakai Institute/The Independent

Sebuah kampung berusia 14.000 tahun lalu telah ditemukan dalam sebuah penggalian di Pulau Triquet, Kanada.

Harian The Independent, Sabtu (8/4/2017), melaporkan, penemuan salah satu permukiman tertua di Amerika Utara itu mengonfirmasi sejarah komunitas-komunitas pesisir kuno bangsa Indian dari etnis Heiltsuk yang telah dituturkan dari generasi ke generasi.

Kampung kuno tersebut diyakini merupakan salah satu permukiman tertua yang pernah ditemukan di Amerika Utara dalam sebuah penggalian di pulau terpencil di wilayah British Columbia.

Provinsi paling barat Kanada itu merupakan salah satu daerah dengan banyak sekali deretan pegunungan.

Karena letaknya di pantai, British Columbia dianggap sebagai pintu gerbang ke Pasifik dan Asia.

Kampung, yang diperkirakan berusia 14.000 tahun itu, ditemukan di daerah berbatu di Pulau Triquet, sekitar 500 km barat laut Victoria, Kanada.

Menurut para arkelog, kampung tersebut diperkirakan lebih tua dari piramida-piramida Mesir.

Para ilmuwan mengatakan, artefak-artefak kampung tua itu dikeluarkan dari perut bumi, antara lain meliputi alat untuk menyalakan api, kail-kail ikan, dan tombak dari Zaman Es.

Fakta-fakta itu memperlihatkan bagaimana peradaban manusia telah dimulai di Amerika Utara, demikian laporan dari televisi setempat.

Foto: Tim arkeolog menemukan sebuah kampung kuno berusia 14.000 tahun dalam sebuah penggalian di Pulau Triquet, sebuah pulau terpencil di Kanada. Digital Journal

Alisha Gauvreau, mahasiswi program doktoral ilmu antrologi di Universitas Victoria dan seorang peneliti pada Institut Hakai,yang memberikan dukungan kepada tim arkologi, ikut serta dalam kegiatan penggalian situs bersejarah tersebut.

Perempuan itu mengatakan kepada televisi Kanada bahwa ketika menemukan artefak-artefak dari kampung kuno itu, mereka semakin yakin tentang bagaimana manusia mulai hidup pada 14.000 tahun silam di Amerika Utara.

Para ahli percaya bahwa migrasi manusia secara besar-besaran mungkin telah berlansung ke sepanjang pesisir pantai British Columbia itu belasan ribu tahun lalu.

Penemuan itu juga selaras dengan sejarah yang dituturkan dari generasi ke generasi tentang masyarakat Heiltsuk, bangsa pertama yang berkuasa di British Columbia.

Menurut tradisi lisan Bangsa Heiltsuk, kisah tentang kampung-kampung kuno di sepanjang pesisir British Columbia memang ada dan itu telah dituturkan dari generasi ke generasi di wilayah itu.

William Housty, asal Bangsa Heiltsuk, mengatakan, Berpikir bagaimana kisah-kisah itu tetap bertahan, hanyalah didukung bukti-bukti arkeologis ini menjadikan kisah-kisah itu menakjubkan.

Editor: Pascal S Bin Saju

Copyright Kompas.com

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!