KSAU Harapkan TNI AU Bebas dari Korupsi

redaksi.co.id - KSAU Harapkan TNI AU Bebas dari Korupsi Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengharapkan institusi TNI AU yang dipimpinnya bisa...

44 0

redaksi.co.id – KSAU Harapkan TNI AU Bebas dari Korupsi

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengharapkan institusi TNI AU yang dipimpinnya bisa bebas dari tindak pidana korupsi yang merugikan keuangan negara.

“TNI AU harus bebas korupsi dan bermartabat, yang dirangkum dalam aspek perencanaan. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Transparan, akuntabel dan disesuaikan dengan aturan yang berlaku,” kata KSAU dalam amanatnya saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-71 TNI AU, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu.

Dengan akuntabilitas tersebut alutsista TNI AU akan mampu digunakan dengan optimal sehingga menjadi pelopor dalam mewujudkan “clean government”. Hadi juga menyatakan TNI AU akan menghadirkan semangat dan menjaga kedaulatan negara dari segala bentuk ancaman yang berasal dari ruang udara demi memberi rasa aman kepada masyarakat.

“Teknik pertahanan adalah yang pertama, tahap utamanya membangun jiwa. Jiwa bukan hanya pintar, namun juga bertindak ksatria yang selalu bertindak sesuai kode etik sapta marga. Di samping itu faktor keselamatan kerja juga menjadi tolok ukur. Menghadirkan negara untuk memberi semangat bangsa, harus mengacu pada bentuk ancaman memberikan rasa aman karena ruang udara dijaga,” ujarnya.

Saat ini, lanjut mantan Irjen Kemhan ini, TNI AU terus melakukan modernisasi alutsista yang dimilikinya. Namun demikian, modernisasi alutsista akan sia-sia kalau tidak diawaki oleh prajurit yang tidak profesional dan loyal.

Dia juga menyatakan dalam membangun kedaulatan negara perlu dukungan dari rakyat. Tak lupa Hadi juga menyampaikan rasa hormatnya kepada para senior yang telah meletakkan landasan kokoh bagi TNI AU.

“Menjaga kedaulatan negara dan kelangsungan hidup suatu bangsa perlu ikut berperan aktif dengan mendukung tol udara serta bersama rakyat aspek ketahanan. Membangun angkatan udara yang modern juga butuh dana besar dan butuh bantuan politik. Sebelum mengakhiri, saya ingin menyampaikan rasa hormat dan bangga pada para sesepuh, senior, pelopor yang meletakkan landasan kokoh bagi TNI AU,” kata Hadi.

“Semoga bersama TNI AU ke depan akan lebih siap menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI yang kita cintai dan kita banggakan,” ujarnya.

Pada peringatan HUT tersebut, TNI Angkatan Udara unjuk kekuatan dengan mengerahkan 132 pesawat tempur dan angkut berbagai jenis di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu.

Berbagai kegiatan seperti parade, defile, demo udara dan demo darat melibatkan beberapa unsur kekuatan TNI Angkatan Udara.(rr)

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!