Walikota Bekasi: Harus Ada Evaluasi Menyeluruh Bagi RS Swasta di Kota Bekasi Terkait BPJS

BEKASI Redaksi.co.id – Sehubungan masih adanya laporan mengenai penolakan pasien BPJS, Walikota Bekasi akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap RS swasta yang ada di Kota Bekasi.Sebelumnya, Sri...

35 0

BEKASI Redaksi.co.id – Sehubungan masih adanya laporan mengenai penolakan pasien BPJS, Walikota Bekasi akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap RS swasta yang ada di Kota Bekasi.

Sebelumnya, Sri Supartini (37) warga Jl. Hidayah RT05/RW08 Kampung Rawa Bebek, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi akan melakukan persalinan di RS Ananda Sultan Agung,pada 10 Mei 2015 lalu.

Kendati ia belum memiliki BPJS, Sri harus menyerahkan uang jaminan untuk biaya perawatan bayi karena perlu Inkubator, tapi karena ia juga tak memiliki uang yang cukup untuk membayar jaminan ke RS swasta tersebut, Sri di rujuk ke RSUD Kota Bekasi yang memiliki 25 unit inkubator.

Namun akibatalat inkubator di RSUD sudah terpakai semua, akhirnya Sri harus kehilangan kedua bayi kembarnya tersebut.

Rahmat Effendi, Walikota Bekasi saat di konfirmasi, Selasa (19/05/2015) mengatakanbahwa, sehubungan dengan kejadian yang dialamiSri Supartini, maka peristiwa tersebut merupakan salah satu bukti masih adanya perbedaan antara pasien yang sudah mempunyai BPJS dan pasien yang belum memiliki BPJS saat ingin berobat di RS swasta.

Kejadian yang seperti ini, harus ditanggapin dengan cepat, agar tidak ada lagi kesenjangan antara pasien yang sudah memiliki BPJS dan pasien yang belum memiliki BPJS, terlebih yang tak mampu membayarkan uang jaminan, ujarnya.

Karena itu, menurut Rahmat Effendi harus ada evaluasi menyeluruh bagi RS swasta agar nantinya tidak ada lagi penolakan pasien akibat uang jaminan, karena menurutnya RS harus meningkatkan pelayanan, bukan semata-mata mencari keuntungan.

Saya harap kejadian seperti ini tidak terjadi lagi di rumah sakit mana pun, harapnya. (Agus S)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!