Mengenal Pasar Modal dan Manfaat-Manfaatnya

redaksi.co.id - Mengenal Pasar Modal dan Manfaat-Manfaatnya Dari berbagai macam media masa atau perbincangan sehari-hari kita sering mendengar istilah pasar modal. Bagi yang awam, sempat terpikirkan,...

93 0

redaksi.co.id – Mengenal Pasar Modal dan Manfaat-Manfaatnya

Dari berbagai macam media masa atau perbincangan sehari-hari kita sering mendengar istilah pasar modal. Bagi yang awam, sempat terpikirkan, apakah yang dimaksud dengan pasar modal? Apa manfaatnya bagi setiap elemen yang berperan di pasar modal tersebut? Dalam kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih dalam manfaat pasar modal bagi pemerintah, investor, masyarakat, dan bagi emiten itu sendiri.

Pasar modal layaknya sebuah pasar tempat bertemu penjual dan pembeli dan yang diperjualbelikan adalah instrumen-instrumen pasar modal. Instrumen pasar modal yang biasa diperjualbelikan disini diantaranya adalah saham, obligasi, reksadana, surat utang negara dan surat berharga lainnya.

Setiap pihak yang turut serta dalam transaksi pasar modal tentunya ingin mendapatkan manfaat atau keuntungan. Ulasan berikut ini adalah manfaat pasar modal secara spesifik sesuai dengan perannya masing-masing yang akan memberikan gambaran lengkap bagi Anda.

Manfaat Utama Pasar Modal untuk Kesejahteraan Rakyat via shutterstock.com

Peran negara dalam hal ini dijalankan oleh pemerintahan, mendapatkan berbagai macam keuntungan dengan adanya pasar modal, dan yang paling utama adalah negara dapat mengambil keuntungan untuk kepentingan seluruh rakyat. Selain itu ada manfaat penting lainnya yang erat kaitannya dengan perekonomian yaitu pemerintah memiliki kesempatan untuk ikut campur dalam menjaga stabilitas perekonomian negara melalui pasar modal.

Berikut ulasan lengkap beberapa manfaat pasar modal bagi pemerintah/negara:

1. Pasar Modal adalah Salah Satu Sumber Pendapatan Negara yang Penting

Dari mana negara mendapatkan penghasilan dari adanya pasar modal? Tentu saja dari pajak. Dengan adanya berbagai macam transaksi di pasar modal maka negara bisa menarik pajak dari pihak yang melakukan transaksi. Pajak tersebut kemudian akan masuk ke dalam kas negara yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan.

2. Pasar Modal Membantu Negara dalam Menjalankan Roda Perekonomian

Laju perputaran uang yang terjadi dalam transaksi jual beli instrumen investasi sangat mempengaruhi roda perekonomian suatu negara. Efek yang langsung dirasakan adalah semakin terbukanya peluang perusahaan untuk tumbuh bersama investor yang tersebut.

3. Negara bisa Memantau Transaksi Modal

Dari banyaknya aktivitas di lantai bursa maka kemungkinan besar juga terjadi transaksi gelap. Oleh karena itu pemerintah memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga stabilitas pasar modal. Pemerintah bisa mengawasi transaksi di pasar modal melalui Badan Pengawas Pasar Modal untuk memantau perkembangan aktivitas di lantai bursa.

4. Memantau Perusahaan yang Berlaku Sebagai Emiten

Dengan banyaknya emiten (perusahaan) yang ikut dalam pasar modal pemerintah juga memiliki kesempatan untuk memantau perusahaan tersebut. Pemerintah akan bisa membuat kategori mana perusahaan yang sedang berkembang, ataupun perusahaan yang akan bangkrut.

5. Menarik Investor Asing Agar Ikut Menanamkan Modalnya di Dalam Negeri

Dengan adanya keterbukaan informasi perusahaan sebagai emiten, maka pemerintah juga dapat mengambil kesempatan tersebut untuk menarik investor asing. Dengan adanya persaingan yang sehat dan perusahaan yang memiliki daya saing tinggi, maka investor asing akan berduyun-duyun menginvestasikan dana mereka.

6. Memantau Kinerja dan Aktivitas Pihak Asing yang Berkontribusi di Dalam Pasar Modal

Mengingat pasar modal sifatnya adalah terbuka dan berskala internasional, maka pemerintah dapat mengetahui dengan mudah seluk beluk perusahaan yang terdaftar di pasar modal.

7. Tempat bagi Negara untuk Menjual Wurat Berharga kepada Investor

Di pasar modal negara juga bisa melepas obligasi yang bisa dibeli oleh investor. Ini sangat berguna jika negara sedang membutuhkan dana segar.

Manfaat Pasar Modal Bagi Investor via shutterstock.com

Dalam pasar modal investor berberan penting sebagai pembeli instrument modal yang dikeluarkan oleh para emiten. Sebenarnya investor dapat membeli instrument investasi dimanapun yang mereka inginkan. Salah satu ceruk pasar yang biasa mereka pilih adalah pasar modal. Lantas, apa saja manfaat pasar modal bagi investor? Berikut ini ulasannya

1. Tempat Menanamkan Modal untuk Mendapatkan Keuntungan

Pada dasarnya semua orang membutuhkan rencana keuangan jangka panjang dan investasi menjadi pilihan terbaik. Bagi investor keberadaan pasar saham sangat membantu untuk memutar uang mereka. Dengan banyaknya instrumen investasi dari berbagai macam perusahaan yang bisa dipilih di pasar modal, maka kesempatan investasi juga lebih menjanjikan.

2. Pengelolaan yang Profesional dan Transparan bisa Meminimalisir Risiko Investasi

Karena pasar modal sifatnya terbuka, dengan leluasa investor dapat melihat rekam jejak dari sebuah emiten sebelum mereka memutuskan untuk investasi. Belum lagi dengan adanya manajer investasi yang akan mengarahkan kita untuk setiap kebijakan yang kita buat. Di dalam pasar modal, rata-rata para emiten yang terdaftar disana adalah mereka yang memiliki reputasi bagus.

3. Mencari Keuntungan dan Deviden

Tentu saja sebagai seorang investor tujuan utamanya adalah mencari keuntungan. Dengan investasi maka selain mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual terhadap penjualan surat-surat berharga tersebut, seorang investor juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya yang berupa deviden.

4. Dapat mengambil Alih Kepemilikan suatu Perusahaan

Investor dapat mengambil kesempatan untuk memiliki sebagian besar saham dari suatu perusahaan. Ini sangat mudah terjadi di pasar modal ketika ada perusahaan yang memiliki permasalahan keuangan.

5. Memperluas Jaringan Bisnis

Karena banyaknya perusahaan yang terdaftar di pasar modal, maka investor dapat memanfaatkan data-data yang didapatkan tersebut untuk memperluas jaringan bisnis. Mengenai caranya bisa bermacam-macam mulai dari membeli saham dan lain sebagainya.

6. Sebagai Tempat Jual-beli Instrumen Modal

Peran investor selain sebagai pembeli instrumen investasi, tentunya mereka juga akan menjadi penjual. Di pasar modal itulah mereka bisa membeli atau menjual kembali surat-surat berharga yang mereka miliki.

7. Memiliki Hak Suara pada Rapat Umum Pemegang Saham

RUPS adalah rapat yang diadakan oleh para pemegang saham. Di sini seorang investor dapat mengemukakan pendapatnya tentang kebijakan suatu perusahaan.

Manfaat Pasar Modal bagi Masyarakat via shutterstock.com

Masyarakat secara tidak langsung juga mendapatkan manfaat dengan adanya pasar modal. Apa saja manfaatnya? Berikut ini ulasannya:

1. Menambah Lapangan Perkerjaan

Masih ada kaitannya dengan perputaran uang suatu perusahaan, semakin banyak perusahaan yang bangkit dan produktif maka masyarakat juga yang akan mendapatkan manfaatnya yaitu kesempatan kerja yang luas.

2. Merasakan Manfaat dari Produk suatu Perusahaan

Agar perusahaan dapat memproduksi barang yang berkualitas, maka perusahaan perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak termasuk dukungan dari investor. Dengan adanya pasar modal, perusahaan lebih gampang untuk menjaga neraca keuangannya agar selalu stabil. Dengan itu perusahaan tetap bisa memproduksi barang yang berkualitas untuk masyarakat.

3. Mempermudah dalam Mencari Barang Konsumsi

Dengan skala produksi yang mumpuni, maka perusahaan dapat membuat kebijakan harga yang memihak konsumen. Oleh karena itu dengan adanya perputaran uang kas yang sehat maka perusahaan selalu memberikan yang terbaik untuk konsumen. Sebagai manfaatnya, masyarakat lebih mudah mencari barang untuk dikonsumsi dengan harga yang murah.

4. Membuka Kesempatan bagi Masyarakat untuk Berinvestasi

Manfaat pasti lainnya dengan adanya pasar modal maka ini memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk ikut berinvestasi dengan membeli surat-surat berharga dari emiten yang terdaftar di pasar modal.

Manfaat Pasar Modal bagi Emiten via shutterstock.com

Manfaat nyata bagi emiten dengan adanya pasar modal, mereka akan lebih mudah dalam menjual atau menawarkan investasi dengan berbagai macam instrumen. Selain itu ada berbagai manfaat lain yang dapat diraih oleh emiten dari pasar modal. Berikut ini adalah manfaat selengkapnya.

1. Sarana dalam Mencari Dana Segar

Neraca keuangan bagi sebuah perusahaan ibarat ujung tombak bagi kelangsungan kehidupan perusahaan itu sendiri. Semakin bagus neraca keuangannya maka akan semakin dapat memberikan manfaat kepada khalayak luas dengan fasilitas atau barang yang mereka produksi. Pasar modal merupakan sebuah wadah di mana terdapat modal yang melimpah. Perusahaan dapat menjual instrumen investasi mereka kepada investor.

2. Mengurangi Ketergantungan kepada Bank

Secara otomatis ketika banyak investor yang tertarik untuk membeli surat-surat berharga dari emiten (perusahaan), maka perusahaan tersebut secara otomatis akan mendapatkan suntikan dana segar tanpa harus mengandalkan utang bank. Secara otomatis juga perusahaan akan bisa memperbaiki neraca keuangan dengan lebih mudah dalam waktu singkat.

Berlaku sebagai emiten juga membatu perusahaan yang sedang bangkrut untuk memulihkan keadaan. Mereka bisa menciptakan mekanisme khusus untuk menarik investor agar mau menginvestasikan dananya kepada perusahaan tersebut.

3. Mempermudah Perusahaan untuk Ekspansi Usaha

Uang yang terkumpul dari investor dapat digunakan oleh perusahaan untuk berekspansi atau membangun jaringan bisnis baru. Sehingga ketika perusahaan tersebut terbukti bonafit, di kemudian hari akan semakin banyak investor yang ingin menginvestasikan modalnya ke perusahaan tersebut.

4. Meningkatkan Produktivitas

Secara otomatis dengan adanya modal yang terkumpul maka perusahaan tidak perlu lagi memikirkan tentang pendanaan. Mereka bisa lebih fokus untuk meningkatkan produktivitas. Terlebih lagi jika perusahaan sudah memiliki kondisi keuangan yang bagus, mereka akan menyerap tenaga kerja yang sangat banyak sehingga manfaatnya akan meluber ke masyarakat luas.

Dengan melihat betapa banyak manfaat pasar modal, sebagai warga negara yang baik sudah selayaknya kita mulai di pasar modal tersebut. Pasar modal yang tumbuh sehat turut membantu pertumbuhan ekonomi negara dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!