Belasan Pendaki Gunung Gede Pangrango Dievakuasi

redaksi.co.id - Belasan Pendaki Gunung Gede Pangrango Dievakuasi Satu rombongan pengunjung harus dievakuasi dari jalur pendakian gunung di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Sukabumi,...

36 0

redaksi.co.id – Belasan Pendaki Gunung Gede Pangrango Dievakuasi

Satu rombongan pengunjung harus dievakuasi dari jalur pendakian gunung di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (9/4/2017) malam.

Evakuasi dilakukan karena terdapat 2 dari 13 wisatawan mengalami sakit. Bahkan satu di antaranya tidak dapat melanjutkan perjalanan, karena mengalami cedera pada kakinya akibat terjatuh saat dalam perjalanan di rute pendakian.

Informasinya, belasan wisatawan minat khusus pendakian gunung gabungan dari beberapa daerah ini masuk melalui pintu Resor Gunungputri, Cianjur. Rencananya mereka turun melalui jalur Selabintana, Sukabumi.

”Informasi awal yang kami terima, hanya satu pengunjung sakit pada kakinya, karena sempat jatuh berkali-kali. Namun setelah tim evakuasi menjemput ternyata ada dua orang yang sakit,” kata Ketua Volunteer Panthera, Eng Yanto kepada Kompas.com saat ditemui di pintu gerbang pendakian TNGGP Resort Selabintana, Sukabumi, Senin (10/4/2017) dini hari.

Menurut dia, untuk mengevakuasi pendaki yang sakit itu, pihaknya telah mengirimkan dua tim. Tim pertama sebanyak 5 orang sebagai tim awal, selanjutnya dikirim tim kedua bersama tim medis dari PMI Kabupaten Sukabumi.

”Tim kedua terdiri dari PMI sekaligus membawa peralatan medis dan stretcher (tandu lipat),” ujar dia.

Saat ini, lanjut Eng, rombongan wisatawan dan tim pertama sudah berada di Cigeber pada ketinggian sekitar 1.830 meter dari permukaan laut (m dpl). Sementara tim kedua masih dalam perjalanan menuju Cigeber.

”Rombongan sudah dalam posisi aman, dan mendapatkan dorongan logistik. Karena rombongan pengunjung ini juga sudah habis perbekalannya. Hanya tinggal menunggu tim medis,” kata salah seorang pendiri Volunteer Panthera itu.

”Wisatawan yang sakit ini akan diperiksa tim medis, selanjutnya akan dievakuasi menggunakan tandu pagi nanti,” ucap dia.

Puncak Gunung Pangrango dilihat dari kawasan pendakian Gunung Kencana, Jumat (6/5/2016). Di jalur pendakian ke Gunung Kencana banyak sekali ditemukan perkebunan teh nan hijau di sisi kiri dan kanan jalan.KOMPAS.com / RAMDHAN TRIYADI BEMPAH

Salah seorang keluarga dari pendaki, Fatimah mengakui anaknya, Riana Dewi (21) ikut mendaki ke gunung Gede bersama teman-temannya. Dia berangkat dari rumah pada Jumat malam, dan mulai mendaki pada Sabtu pagi.

”Anak saya bilangnya sampai di Selabintana Minggu magrib. Tapi hingga malam belum pulang juga. Tadi pas saya telepon, handphone miliknya ada di temannya yang sudah turun duluan. Saya khawatir dengan anak saya, makanya saya jemput ke sini,” aku Fatimah saat berada di Resor Selabintana.

Penulis: Kontributor Sukabumi, Budiyanto

Editor: Farid Assifa

Copyright Kompas.com

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!