Ini jejak Saldi Isra, hakim MK pilihan Jokowi

redaksi.co.id - Ini jejak Saldi Isra, hakim MK pilihan Jokowi Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Saldi Isra sebagai pengisi kursi kosong hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Kursi...

384 0

redaksi.co.id – Ini jejak Saldi Isra, hakim MK pilihan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Saldi Isra sebagai pengisi kursi kosong hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Kursi kosong itu merupakan peninggalan Patrialis Akbar yang terjebak dugaan korupsi. Seperti jejak apa Saldi Isra?

Nama Saldi memang sudah cukup terkenal dalam dunia hukum di Indonesia. Pakar hukum kelahiran Paninggahan, Solok, Sumatera Barat, 20 Agustus 1968 ini merupakan seorang ahli hukum tata negara Indonesia, aktivis anti-korupsi, penulis, serta guru besar Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.

Gelar sarjana hukum diperolehnya dari Universitas Andalas pada tahun 1994 dengan predikat lulus Summa Cum Laude. Setelah itu, ia meraih gelar Master of Public Administration di Universitas Malaya, Malaysia tahun 2001 dan gelar Doktor di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 2009 dengan predikat lulus Cum Laude).

Terpilihnya Saldi ini memang bukan kejutan. Mengingat, Saldi dekat dengan Jokowi. Pemerintahan Jokowi sering menunjuk Saldi sebagai panitia seleksi untuk pemilihan pejabat tertentu.

Saldi juga dekat dengan PDI Perjuangan. Saldi pernah mendapatkan penghargaan Megawati Soekarnoputri Award sebagai Pahlawan Muda Bidang Pemberantasan Korupsi pada tahun 2012.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!