UNBK, dari Laptop Pinjaman hingga Internet yang Lambat

redaksi.co.id - UNBK, dari Laptop Pinjaman hingga Internet yang Lambat SMA Negeri 1 Unggulan Indralaya Utara Ogan Ilir Sumatera Selatan, hanya memiliki 10 unit komputer yang...

29 0

redaksi.co.id – UNBK, dari Laptop Pinjaman hingga Internet yang Lambat

SMA Negeri 1 Unggulan Indralaya Utara Ogan Ilir Sumatera Selatan, hanya memiliki 10 unit komputer yang bisa digunakan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Padahal jumlah siswa yang akan mengikuti ujian pada 10-13 April 2017 ini mencapai 117 siswa.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Unggulan Indralaya Utara, Darmawati mengatakan, sebagai sekolah yang ditetapkan sebagai rujukan sekaligus sekolah berbasis informasi teknologi dan kearifan lokal, pelaksanaan ujian nasional harus berbasis komputer.

IlustrasiMashable

Namun sekolah tidak memiliki batas minimal persyaratan komputer yang mencapai 40 unit. Karena itu, untuk memenuhi jumlah 40 yang disyaratkan sekolah, mereka terpaksa meminjam laptop kepada siswa atau peserta didik sebanyak 30 unit agar ujian dapat tetap berjalan.

Sekolah ini hanya memiliki 10 unit komputer, alhamdulillah karena sekolah ini sudah berbasis IT dan pembelajaran kearifan lokal, maka setiap peserta didik masing-masing sudah memiliki laptop. Sebenarnya ini menjadi kendala kita, untung orangtua peserta didik berpartisipasi sehingga UNBK dapat dilaksanakan, tuturnya.

Darmawati menambahkan, kendala lain adalah sinyal internet yang lambat. Untuk mengatasinya pihak sekolah menambah kekuatan sinyal mengunakan modem. Siswa juga kita minta membawa modem sendiri untuk jaga-jaga jika jika sinyal melemah, tuturnya lagi.

Penulis: Kontributor Ogan Komering Ilir, Amriza Nursatria

Editor: Reni Susanti

Copyright Kompas.com

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!