Bisnis Online Sangat Cocok Dijalankan Orang Introvert, Apa Alasannya?

redaksi.co.id - Bisnis Online Sangat Cocok Dijalankan Orang Introvert, Apa Alasannya? Introvert adalah sebuah kepribadian seseorang yang memiliki kecenderungan untuk lebih melihat ke dalam dirinya sendiri,...

395 0

redaksi.co.id – Bisnis Online Sangat Cocok Dijalankan Orang Introvert, Apa Alasannya?

Introvert adalah sebuah kepribadian seseorang yang memiliki kecenderungan untuk lebih melihat ke dalam dirinya sendiri, sehingga ia lebih fokus terhadap apa yang ada dalam pikirannya, terhadap perasaannya, dan suasana hatinya, dibandingkan hal-hal lain di luar dirinya. Dalam lingkungan masyarakat, seseorang sering di-streotype-kan sebagai sosok yang pendiam dan tertutup. Para introvert dianggap sebagai orang yang tidak mau terlalu banyak membagi dan membuka hal tentang dirinya. Karena itu, tak banyak orang yang tahu tentang mereka dan teman-temannya pun tidak banyak.

Tidak heran kalau kemudian orang-orang yang tidak mengenal mereka sering beranggapan minor karena efek dari sifat ini. Selain itu, banyak orang juga beranggapan kalau seorang introvert akan sulit meraih sukses, termasuk ketika mereka terjun ke dunia bisnis. Dalam dunia bisnis, seseorang dituntut untuk punya kemampuan komunikasi yang baik guna menghadapi investor, bekerja dalam tim, atau bertemu klien, serta banyak pekerjaan lain yang menuntut sikap luwes ketika berkomunikasi dengan orang lain. Sayangnya, kemampuan itu tidak dimiliki orang-orang bersifat introvert.

Namun, Bagaimana jika Anda seorang introvert namun memiliki tekad bisnis yang kuat? Tenang saja, bisa jadi solusi jitu. Menurut ahli komunikasi bisnis John Doyle, era digital yang ada saat ini sangat mendukung seorang introvert untuk mencapai kesuksesan. Bahkan ia beranggapan, seorang introvert bisa lebih mudah menggapai sukses dalam bisnis online dibandingkan yang punya sifat extrovert. Lalu, apa alasan kenapa bisnis online sangat memudahkan para introvert? Ini jawabannya:

Bisnis Online Butuh Konten Bagus via shutterstock.com

Bagi seorang introvert, ia tidak pernah nyaman menjadi pusat perhatian, ia cenderung lebih suka memperhatikan siapa atau apa yang menarik di matanya. Dengan kecenderungan itu, maka sangat tepat untuk menyebut para introvert sebagai pengamat yang hebat. Dengan kemampuan itu, tentu akan memudahkannya ketika ia ingin mengembangkan usaha. Di mana, seorang introvert akan tahu bahwa sebelum mencari nama usaha dan rencana investasi. ia harus mengamati kebutuhan pasar terlebih dahulu.

Sebagai seorang pengamat, dia akan mampu menganalisa jenis konten internet apa yang laku di pasaran, berguna, serta belum punya banyak pesaing dengan rinci. Dalam hal ini, ia akan mengerti apakah ia harus membuat sebuah blog, artikel, video, lagu, atau produk-produk lain seperti pakaian serta barang-barang lainnya. Orang-orang introvert rata-rata bisa dengan luwes menerjemahkan kebutuhan ini dengan baik. Karakter mereka yang cenderung tidak banyak bicara tentu akan membuat mereka tepat untuk mengerjakan ini.

Seorang introvert itu sebenarnya adalah orang yang unik, sebab mereka adalah orang yang pantas diperhatikan, tapi bukan pencuri perhatian. Ibarat diam-diam menghanyutkan, mereka tidak banyak bicara, tapi bisa bergerak tanpa perlu diketahui orang lain. Mereka bisa menjadi pendengar yang baik. tak begitu peduli pada popularitas, dan terkadang menggilai hal-hal yang sifatnya anti-mainstream. Dengan adanya hal tersebut, tentu membuat mereka berpotensi membuat sebuah bisnis online yang unik dan menarik layaknya kepribadian mereka.

Kita sudah tahu, bahwa bisnis online yang menarik akan memiliki lebih banyak pengguna. Dengan jumlah pengunjung yang banyak, tentu akan semakin membuat situs itu terkenal dan ini akan memudahkannya untuk memperoleh banyak uang, salah satunya dari iklan. Semakin banyak pengunjung, maka semakin banyak iklan yang akan masuk ke situs tersebut. Dengan kata lain, seorang introvert bisa memanfaatkan pribadi mereka yang unik dan jujur untuk menuai sukses di dunia online.

Mereka Lebih Lancar Dalam Komunikasi Non Lisan via shutterstock.com

Kebalikan dari introvert, seorang extrovert akan lebih mudah menganggap keberadaan internet sebagai sesuatu yang biasa saja bagi dirinya. Karena mereka adalah orang yang lebih nyaman berkomunikasi secara langsung dengan orang lain, mereka tidak akan terlalu bergantung kepada internet untuk menarik perhatian dan membuat pasar mau membeli produk yang mereka tawarkan. Itulah alasan kenapa bisnis online sangat tepat dijalankan orang bersifat introvert Seorang introvert tahu bahwa internet akan memberinya kemudahan dalam bekerja.

Dengan adanya internet, ia tak harus bertatapan muka secara langsung dengan konsumennya. Komunikasi tak langsung dari internet memungkinkan dia untuk lebih punya banyak waktu merangkai kalimat dalam menghadapi klien. Ia pun juga bisa terampil dan sabar ketika menghadapi permintaan, pertanyaan, atau keluhan pembeli. Mengelola sebuah bisnis online berarti menjalin kepercayaan dengan semua pihak yang terlibat di dalamnya. Nah, seorang introvert adalah orang yang bisa kepada konsumennya. Keunggulan inilah yang kemudian menjadi nilai lebih untuk bisnisnya.

Dalam bekerja, ada perbedaan mencolok daro orang extrovert dan introvert. Di mana extrovert biasanya berfokus pada dirinya sendiri dengan melakukan pekerjaan secara individual. Jadi, ketika ia sukses, ia bisa mengklaim bahwa pencapaiannya itu adalah hasil kerja kerasnya sendiri. Sementara seorang introvert akan lebih mengerti bahwa tidak semua pekerjaan bisa dia kerjakan sendiri. Karena tak biasa jadi pusat perhatian, maka ia akan lebih mampu mengerti kemampuan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Dia tahu posisi di mana ketika ada teman kerjanya lebih kompeten mengerjakan sesuatu dibandingkan dia sendiri. Dan dia tak akan keberatan ketika teman kerjanya tersebut sukses. Jadi, bisa dibilang kalau seorang introvert adalah seorang rekan kerja yang baik. Kehadiran rekan kerja yang seperti ini sangat membantu dalam membentuk tim kerja yang solid untuk bisa mencapai sukses dalam menjalankan sebuah bisnis.

5. Bisnis Online Mengenal Etos Kerja Berbagi

Bisnis Online Menjunjung Tinggi Etor Berbagi via shutterstock.com

Karena seorang introvert tak terbiasa mendapat perhatian dari sekitarnya, maka ia akan lebih memahami arti dari kata berbagi. Dia tak akan langsung curiga terhadap adanya ajakan kerjasama, di mana ia harus membagi kontennya dengan situs atau media lain. Seperti yang sudah diketahui, jumlah penyedia konten di internet sudah sangat banyak, walau begitu dia tidak akan langsung menghakimi content sharing sebagai ancaman pada bisnisnya.

Menurut pakar marketing, Guy Kawasaki, berbagi konten bukanlah ancaman untuk sebuah media online, karena berbagi konten justru malah memperluas pasar sekaligus membuktikan bahwa website kita sangat berkualitas. Berbagi konten di internet tidak akan menjadi masalah ketika aturan penulisan sumber diterapkan dengan baik. Semakin banyak konten dari website kita yang dibagikan, maka semakin banyak orang yang akan mengunjungi website-nya.

Sekarang Anda sudah lebih tahu kan kalau orang dengan kepribadian introvert sebenarnya sangat dibutuhkan di era digital sekarang ini, terutama dalam berbisnis online. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mulai berbisnis bukan? Tidak ada orang yang tidak bisa sukses, semuanya tergantung kepada Anda apakah mau berusaha mewujudkannya atau tidak. Ayo cari peluang bisnis Online Anda Sekarang!

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!