Genjot Reformasi Pajak, Trump Tunjuk Penasihat Baru di Bidang Ekonomi

redaksi.co.id - Genjot Reformasi Pajak, Trump Tunjuk Penasihat Baru di Bidang Ekonomi Foto: Presiden AS, Donald Trump.JIM WATSON / AFP Presiden Amerika Serikat Donald Trump menunjuk...

84 0

redaksi.co.id – Genjot Reformasi Pajak, Trump Tunjuk Penasihat Baru di Bidang Ekonomi

Foto: Presiden AS, Donald Trump.JIM WATSON / AFP

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menunjuk ekonom dan pakar perpajakan Kevin Hassett untuk menjadi kepala Konsil Penasihat Ekonomi Gedung Putih. Pengumuman itu disiarkan pada akhir pekan lalu.

Namun demikian, penunjukan Hassett masih harus memperoleh konfirmasi Senat. Adapun Hassett sendiri adalah pakar konservatif di bidang perpajakan dan pernah menjadi penasihat kampanye John McCain, George W Bush, dan Mitt Romney.

“Jika pemerintahan Trump melakukan dorongan besar terkait reformasi pajak, maka saya mengekspektasikan Kevin (Hassett) dapat memainkan peran yang sangat besar,” ujar Michael Strain, yang menjadi kolega Hassett di American Enterprise Institute, seperti dikutip dari CNN Money, Selasa (11/4/2017).

Penunjukkan Hassett dipuji oleh kalangan Wall Street dan akademisi. Hassett dinilai sebagai Republikan moderat, tidak garis keras seperti penasihat ekonomi Trump sebelumnya, yakni Steve Bannon dan Peter Navarro, yang dikenal karena mendukung pembatasan dalam perdagangan.

Trump telah menelurkan janji besar untuk mereformasi ekonomi AS. Ia berjanji untuk menciptakan 25 juta lapangan kerja dan menumbuhkan perekonomian AS hingga dua kali lipat. Hassett meraih gelar PhD di bidang ekonomi dari University of Pennsylvania.

Ia memulai karier sebagai profesor ekonomi di Columbia University, kemudian menjadi ekonom di bank sentral AS Federal Reserve, penasihat kebijakan bagi kandidat-kandidat politik, dan konsultan bagi Departemen Keuangan AS.

“Saya rasa Kevin adalah ekonom yang sangat berbakat, khususnya di bidang-bidang yang dikerjakan oleh pemerintahan Trump,” ungkap Glenn Hubbard, dekan Columbia Business School.

Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor: Bambang Priyo Jatmiko

Sumber:

Copyright Kompas.com

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!