Pengakuan Rakhmat Akilov, Pelaku Teror Truk Swedia

redaksi.co.id - Pengakuan Rakhmat Akilov, Pelaku Teror Truk Swedia Polisi menangkap 2 orang yang diduga sebagai pelaku teror truk Swedia. Salah satunya yang berasal dari Uzbekistan...

46 0

redaksi.co.id – Pengakuan Rakhmat Akilov, Pelaku Teror Truk Swedia

Polisi menangkap 2 orang yang diduga sebagai pelaku teror truk Swedia. Salah satunya yang berasal dari Uzbekistan telah mengaku melakukan “kejahatan terorisme” itu, demikian disampaikan pengacaranya.

“Saat ini posisinya ia sudah mengakui melakukan kejahatan terorisme dan menerima bahwa ia akan ditahan,” kata pengacara Johan Eriksson seperti dikutip dari BBC, Selasa (11/4/2017)

Rakhmat Akilov, yang berusia 39 tahun, mengaku bertanggung jawab atas serangan teror truk Swedia itu di sebuah persidangan di pengadilan di ibu kota Swedia, Stockholm.

Sebanyak empat orang tewas ketika sebuah truk menabrak Ahlens department store pada Jumat 7 April 2017. Sekitar 15 orang terluka, termasuk duaorang dalam kondisi kritis.

Polisi Swedia mengatakan Akilov sudah dikenali oleh petugas keamanan sebelumnya. Permohonannya sebagai penduduk di Swedianya ditolak, dan ia bersimpati kepada ISIS.

Pelaku teror truk Swedia itu dilaporkan berlari dari tempat serangan dalam kondisi masih berlumuran darah dan terkena serpihan kaca. Ia ditangkap beberapa jam kemudian di pinggiran utara Stockholm.

Menurut laporan, ia meninggalkan seorang istri dan empat anak di Uzbekistan untuk mencarinafkah.

“Setelah mengajukan permohonan izin tinggal di Swedia pada 2014, ia diberitahu pada Desember 2016 untuk meninggalkan negara itu dalam waktu empat minggu,” kata pejabat polisi, Jonas Hysing.

Dia menghilang dan pada Februari, danmasuk dalam daftar orang yang dicari aparat kemanan Swedia.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!