AS Akan Kirim 24 Jet Tempur F-16 ke Indonesia Akhir Tahun Ini

redaksi.co.id - AS Akan Kirim 24 Jet Tempur F-16 ke Indonesia Akhir Tahun Ini Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan menginginkan adanya kerjasama militer...

36 0

redaksi.co.id – AS Akan Kirim 24 Jet Tempur F-16 ke Indonesia Akhir Tahun Ini

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan menginginkan adanya kerjasama militer lebih erat lagi dengan Tanah Air.

Salah satu faktor penguatan hubungan tersebut dapat diwujudkan dengan pembelian alutsista dari AS. Menurut Donovan, untuk Indonesia salah satu persenjataan buatan AS yang sesuai dengan kebutuhan adalah jet tempur F-16.

“Kedua negara menggunakan peralatan militer yang sama, pesawat F-16,” ucap Donovan di UIN Syarif Hidayatullah, Senin (11/4/2017).

“Pesawat ini cocok dengan keinginan Indonesia yang butuh visibilitas domain maritim lebih luas,” sambung dia.

Dia mengatakan, untuk saat ini negaranya telah mengirimkan beberapa buah F-16. Pesawat tempur yang telah dikirim ini dipastikan adalah seri terbaru dan dilengkapi senjata muktahir.

“Baru-baru ini kami mengirim empat buah F-16 yang sudah disertai senjata dan teknologi radar terbaru,” sebut dia.

Donovan memastikan pengiriman tersebut bukan yang terakhir. Dalam waktu dekat burung besi tempur dari AS juga akan dikirim lagi ke Indonesia.

“Kami siap mengirim 24 F-16 setidaknya di pada akhir tahun ini,” tambah dia.

Bukan cuma F-16. AS pun berencana mengirimkan helikopter Apache yang diprediksi akan memperkuat militer Indonesia.

“Indonesia juga akan mendapat helikopter Apache akhir tahun ini, helikopter tempur tercanggih di dunia, ini bagian dari kerjasama di bidang militer yang terus kami bina,” paparnya.

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!