Peluang gurih bisnis pempek khas Palembang

redaksi.co.id - Peluang gurih bisnis pempek khas Palembang Camilan pempek khas Palembang punya banyak penggemar. Kudapan yang terbuat dari tepung terigu dan ikan ini tidak hanya...

16 0

redaksi.co.id – Peluang gurih bisnis pempek khas Palembang

Camilan pempek khas Palembang punya banyak penggemar. Kudapan yang terbuat dari tepung terigu dan ikan ini tidak hanya disukai masyarakat Palembang, tapi juga masyarakat dari daerah-daerah lain. Tak heran, bila penjaja pempek kini gampang ditemukan di berbagai lokasi.

Salah satunya adalah Pempek Mister di Semarang, Jawa Tengah. Ushaa besutan Asri Wijaya ini mulai berdiri sejak tahun 2011. Setelah empat tahun membuka usaha dan mampu mengembangkan gerai pusat, barulah Asri membuka kemitraan pada tahun 2015. Sat ini sudah ada 20 mitra dan lima gerai pusat di Semarang.

Asri menawarkan tiga paket kemitraan. Pertama, paket senilai Rp 2,55 juta. Mitra paket ini mendapat perlengkapan usaha seperti panci, kompor gas, selang dan regulator juga lainnya. Mitra juga mendapat kemasan pempek, bahan baku, mi kuning, bahan ebi, saus dan pelatihan karyawan.

Kedua, paket senilai Rp 3,55 juta. Mitra mendapat meja/booth lipat aluminium, banner, perlengkapan usaha seperti wajan, kompor gas, selang dan regulator. Mitra juga mendapat kemasan pempek, bahan baku senilai Rp 500.000, mi kuning, ebi, saus dan pelatihan karyawan.

Terakhir paket senilai Rp 4,95 juta. Fasilitas yang didapat sama denga paket sebelumnya, hanya jumlah bahan bakunya lebih banyak.

Kerjasama kemitraan ini menerapkan sistem jual putus. Hanya, mitra wajib memasok bahan baku ke pusat. Mitra juga tidak dikutip biaya royalti maupun franchise fee. Menurut Asri, kelebihan Pempek Mister terletak pada pempek yang diproduksi langsung oleh pusat, sehingga kualitasnya terjamin. “Selain itu, sistem kemitraannya simpel dan tidak merugikan, ujarnya.

Pempek Mister menjual beberapa varian, seperti pempek adaan, lenjer panjang, kapal selam dan sosis. Harga yang dibanderol terbagi atas beberapa paket, seperti paket hemat 1 berisi pempek kecil, campur (selam dan lenjer) seharga Rp 60.000. Paket hemat 2 berisi 10 pieces pempek besar campur (kapal selam dan lenjer) seharga Rp 70.000. Lalau paket hemat 3 berisi 10 pieces pempek sosis besar seharga Rp 70.000, dan paket 4 berisi 5 kapal selam kecil dan lima lenjer kecil seharga Rp 15.000.

Asri menargetkan mitra menjual 150 porsi pempek kecil dan 30 porsi pempek kapal selam per hari. Dengan begitu, omzet yang diperoleh mencapai Rp 19,3 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya bahan baku dan biaya operasional lainnya, mitra mendapat laba bersih 40% dari omzet bulanan. Dari situ balik modal sekitar satu hingga dua bulan.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!