Masih Menganggap Asuransi Mobil itu Remeh? Pahami Dulu Manfaatnya

redaksi.co.id - Masih Menganggap Asuransi Mobil itu Remeh? Pahami Dulu Manfaatnya Memiliki asuransi kendaraan bagi sebagian orang masih dianggap sebagai hal yang kurang begitu penting. Mereka...

643 0

redaksi.co.id – Masih Menganggap Asuransi Mobil itu Remeh? Pahami Dulu Manfaatnya

Memiliki asuransi kendaraan bagi sebagian orang masih dianggap sebagai hal yang kurang begitu penting. Mereka menganggap tidak ada gunanya mengasuransikan mobil kesayangan mereka. Toh, jika mobil dikendarai dengan cara hati-hati, maka kemungkinan adanya kecelakaan tidak akan terjadi. Mitosnya, cara klaim asuransi mobil itu sulit, prosedurnya berbelit-belit hingga dana yang dibutuhkan cair.

Namun semua anggapan itu tidak benar, sebab Anda harus paham jika asuransi mobil itu memiliki banyak manfaat yang menguntungkan. tidak hanya sebatas alat ganti rugi jika terjadi kecelakaan, akan tetapi juga sebagai investasi perawatan. Coba bayangkan jika Anda mendapat ganti rugi untuk setiap risiko yang terjadi pada mobil. Tentu tidak usah khawatir lagi untuk mengeluarkan uang yang banyak untuk sekadar memperbaiki. Misalnya, mobil Anda tidak sengaja menabrak pagar rumah sehingga membuat bagian depan mobil lecet, maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk memperbaikinya karena hal tersebut akan dibiayai oleh perusahaan asuransi.

Dengan memiliki asuransi kendaraan, maka semua risiko tersebut dapat diminimalisir karena banyak sekali perluasan perlindungan menarik yang ditawarakan oleh perusahaan asuransi. Cara membeli asuransi mobil juga semakin gampang di zaman serba online seperti sekarang ini, tentunya, Anda sudah bisa membeli asuransi mobil melalui sistem online.

Cara Membeli Asuransi Mobil Secara Online

membeli asuransi online via shutterstock.com

Kemudahan utama yang bisa langsung dirasakan dari membeli asuransi secara online adalah praktis. Tidak butuh banyak waktu karena semua proses mulai dari transaksi, proses aplikasi, update status dan pengecekan dilakukan secara online. Tentu saja hal ini tidak akan mengganggu kegiatan Anda lainnya karena pembelian dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja (real time).

Selain itu, Anda juga tidak perlu repot mengirimkan dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar seperti KTP, SIM, STNK dan lain-lain. Hal ini karena semua dokumen dapat diunggah melalui internet. Mengisi formulir pengajuan asuransi pun dilakukan secara online. Simak ulasan tips cermat membeli asuransi mobil online berikut ini:

Baca Juga:

1. Lakukan Perbandingan Produk Asuransi

Semua orang pasti menginginkan produk asuransi terbaik untuk mobilnya. Kalau bisa semua risiko yang mungkin terjadi ter-cover semua oleh asuransi. Oleh karena itu, lakukan perbandingan antara satu produk asuransi dengan produk serupa lainnya sebelum membeli. Cara ini bisa Anda lakukan secara online melalui situs pembanding yang menawarkan asuransi mobil.

Cermati penawaran-penawaran menarik yang diberikan oleh perusahaan asuransi guna melindungi mobil Anda nantinya. Tidak semua perusahaan asuransi menawarkan perlindungan yang sama. Dari segi polis dan bunga asuransi saja setiap perusahaan berbeda.

Namun perlu diingat, bukan yang menawarkan paling rendah tersebut berarti paling murah, coba perhatikan polis asuransi murah yang ditawarkan apakah asuransi tersebut memberikan perlindungan yang sudah sesuai dengan keinginan Anda. Maksudnya apakah asuransi tersebut memberikan perlindungan yang menyeluruh ataukah hanya untuk hal-hal tertentu saja.

Selain itu, Anda juga dapat membaca testimoni orang yang sudah mengajukan produk asuransi tertentu sebagai referensi. Dari sana nanti dapat dipertimbangkan juga apakah produk asuransi tersebut sudah sesuai dengan yang Anda cari.

2. Pilih Jenis Asuransi Mobil yang Sesuai

pilih yang sesuai dengan kebutuhan via shutterstock.com

Pada dasarnya ada dua jenis perlindungan asuransi yang ditawarkan yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO). Bedanya terletak pada jenis perlindungan yang diberikan. Untuk asuransi All Risk, perusahaan asuransi akan menanggung semua risiko dan kerusakan pada mobil Anda. Artinya segala kerusakan ringan, parah hingga kehilangan dapat ditanggung oleh asuransi All Risk.

Berbeda dengan asuransi All Risk, asuransi Total Loss hanya akan menanggung kerugian yang menyebabkan mobil mengalami kerusakan lebih dari 75% atau kendaraan mengalami pencurian (hilang). Untuk kerusakan-kerusakan ringan, jenis asuransi ini tidak dapat menanggungnya. Namun, untuk urusan premi, jenis asuransi ini lebih murah. Hal ini harus Anda pahami, dan tentukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga:

3. Tambah Perluasan Perlindungan

Bagi Anda yang selama ini beranggapan asuransi hanya untuk perlindungan ketika mobil rusak karena kecelakaan atau hilang karena pencurian saja, berarti belum memahami betul tentang manfaat asuransi. Saat ini perusahaan asuransi sudah melebarkan jenis perlindungan mereka terhadap risiko-risiko yang mungkin saja terjadi yang dikenal sebagai perluasan perlindungan

Saat membeli asuransi, Anda akan diberikan pilihan perluasan perlindungan yang diinginkan. Nantinya perluasan yang dipilih akan ditambahkan pada polis asuransi mobil dan akan dimasukan ke dalam premi asuransi. Perluasan perlindungan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi meliputi, kerusuhan huru-hara, bencana alam, terorisme, sabotase, cedera badan atau kematian terhadap penumpang, tanggung jawab penumpang serta tanggung jawab pihak ketiga.

Yang menarik adalah tanggung jawab atas pihak ketiga. Dengan memilih perluasan tersebut maka kerugian yang dialami pihak ketiga juga merupakan tanggungan pihak asuransi. Misalnya, mobil Anda terlibat kecelakaan yang melibatkan mobil lain sehingga menimbulkan kerugian juga pada mobil tersebut, maka tidak usah khawatir untuk membayar ganti rugi karena dengan perlindungan ini pihak asuransi akan menanggungnya.

4. Cermati Proses Klaim Asuransi

klaim asuransi via shutterstock.com

Terkadang hal yang membuat orang ogah untuk membeli asuransi adalah proses klaim yang dianggap rumit, padahal hal itu hanyalah isapan jempol belaka. Asal tau dan tidak menyalahi prosedur, proses klaim asuransi Anda mudah untuk diproses. Petugas asuransi pun akan senang hati untuk membantu Anda dalam mengurus klaim. Jangan takut untuk bertanya kepada mereka.

Pahami semua informasi tentang klaim asuransi mobil Anda secara online. Setiap produk asuransi mobil memiliki prosedur klaim yang jelas dan terinformasikan. Seandainya terjadi sesuatu pada mobil, Anda bisa segera melaporkan hal tersebut kepada pihak asuransi. Jangan menunda-nunda untuk melapor karena batas waktu untuk melapor pada umumnya 3 X 24 jam. Setelah itu siapkan dokumen yang dibutuhkan, ini tidak serumit perkiraan karena Anda hanya perlu menyiapkan SIM, STNK, Polis Asuransi, serta surat keterangan dari kepolisian setempat. Jangan lupa juga untuk melampirkan formulir klaim yang harus diisi dan ditandatangani.

Setelah itu tinggal menunggu proses saja dari pihak asuransi sampai memberikan lampu hijau untuk membawa mobil Anda ke bengkel rekanan terdekat. Mobil akan segera diperbaiki oleh si montir dan kendaraan pun akan siap untuk digunakan kembali.

Baca Juga:

Segera Ajukan Sebelum Terlambat

Bagi Anda yang sudah memiliki mobil namun tidak memiliki asuransi segeralah ajukan untuk mendapatkan perlindungan maksimal. Jangan sampai terlambat karena musibah bisa terjadi di mana pun dan kapan pun. Tidak perlu ribet untuk memilih asuransi kendaraan yang pas karena kini ada situs pembanding yang bisa dimanfaatkan. Premi yang ditawarkan pun cukup murah dan tidak akan membebani pengeluaran perbulannya. Sekarang, tunggu apa lagi?

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!