Dubes AS Bicara Soal Isu Los Angeles 'Diserang' Robot Transformer

redaksi.co.id - Dubes AS Bicara Soal Isu Los Angeles 'Diserang' Robot Transformer Baru menjabat selama 4 bulan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan menyadari...

29 0

redaksi.co.id – Dubes AS Bicara Soal Isu Los Angeles 'Diserang' Robot Transformer

Baru menjabat selama 4 bulan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan menyadari betul betapa terkenalnya negaranya di Tanah Air.

Namun, hal tersebut ternyata tak sepenuhnya mempermudah pekerjaannya. Ada pula beberapa fakta yang mesti diperbaiki Donovan terkait citra dan kepopuleran AS.

“Masyarakat Indonesia tahu Amerika Serikat dari film, musik dan content internet pandangan ini tak 100 persen benar,” sebut Donovan di UIN Syarif Hidayatullah, Senin (11/4/2017).

“Saya sampaikan rahasia, tidak ada robot besar yang hancurkan Los Angeles seperti di Transformer,” ucap dia bercanda.

Dia mengatakan, untuk memperbaiki pandangan tentang AS, ada satu solusi yang ditawarkannya. Jalan keluar tersebut adalah memperat hubungan antarmasyarakat.

Donovan melihat, penguatan hubungan antar masyarakat ini penting. Selain bisa memperlurus pandangan terkait negaranya di Indonesia, tetapi ampuh pula untuk mempromosikan Indonesia secara luas di Negeri Paman Sam.

“Ya memang sebagian orang Indonesia tahu tentang gambaran AS, tapi sedikit orang AS tahu tentang Indonesia,” ucapnya.

Demi memperkuat hubungan tersebut, diaspora Indonesia yang berada di negaranya merupakan aset penting yang bisa digunakan.

“Di AS ada sekitar 100 ribu orang Indonesia, saya tahu setelah tinggal di AS, orang Indonesia selalu ingin pulang kampung orang Indonesia bangga atas identitasnya dan bangga dengan cara hidupnya,” kata Donovan.

“Jadi kita harus bekerja lebih keras untuk membangun hubungan lebih dekat melalui pelajar dan mahasiswa yang bisa saling belajar dan mengajar,” tegas dia.

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!