Rahasia Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah

redaksi.co.id - Rahasia Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah Apakah Anda berperan sebagai karyawan atau pimpinan di sebuah perusahaan, dimana ada kalanya pekerjaan terkadang harus dilakukan...

67 0

redaksi.co.id – Rahasia Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah

Apakah Anda berperan sebagai karyawan atau pimpinan di sebuah perusahaan, dimana ada kalanya pekerjaan terkadang harus dilakukan dari rumah atau dari jarak jauh. Bekerja di luar kantor memang ada kelebihan dan kekurangannya, yang penting tetap produktiflah saat bekerja.

Jika kondisinya Anda seorang pimpinan, maka Anda perlu tahu apakah karyawan tetap bekerja normal dan produktif di kantor saat jam kerja. Sementara bila Anda merupakan seorang karyawan, Anda pun harus bisa tetap fokus mengerjakan proyek-proyek yang sudah ditugaskan tanpa masalah dan gangguan.

Seandainya sebuah perusahaan menawarkan pilihan kerja jarak jauh, ada beberapa cara mudah dan efektif untuk meningkatkan kemungkinan bahwa pekerjaan bisa tetap dilakukan secara profesional.

Berikut ini beberapa tips untuk tetap produktif saat bekerja dari rumah seperti dilansir zenefits.com:

Tips untuk Karyawan:

1. Tetap berkomunikasi dengan tim Anda

Komunikasi adalah tips utama saat Anda melakukan pekerjaan dari rumah. Banyak cara komunikasi yang bisa dilakukan dengan tim atau rekan kerja seperti menggunakan email, konferensi video, dan chat secara online.

Dengan cara ini pekerjaan Anda bisa terlihat dan dipahami, terlepas di manapun lokasinya. Selain itu, Anda juga bisa menyampaikan perubahan pekerjaan atau bisa saling bertukar pikiran dan memberi solusi ketika ada masalah dengan pekerjaan.

2. Buat tujuan kinerja yang jelas dengan atasan Anda.

Saat mendapatkan tugas tertentu yang terlihat meyeramkan, maka Anda harus bisa membuat skema kerja yang jelas dengan atasan Anda. Hal ini akan mengurangi kebingungan dan kegelisahan yang mungkin Anda hadapi.

Jadi ketika akan menyampaikan laporan kerja yang dibuat untuk atasan, Anda sudah tahu persis apa yang diharapkan atasan pada Anda.

3. Tetap teratur

Meski bekerja dari rumah, Anda tetap harus punya jadwal dan lingkungan kerja yang nyaman serta tertatur, sama seperti ketika berada di kantor. Karena jika lingkungan kerja Anda berantakan (fisik atau virtual), hal ini dapat membuat pikiran juga berantakan.

Tetaplah terorganisir saat bekerja dari jarak jauh. Semakin terorganisir seorang karyawan, maka semakin mudah pula ia menyelesaikan pekerjaan.

Tips untuk Pimpinan:

1. Koordinasi bagus

Agar seorang pimpinan perusahaan sukses saat bekerja jarak jauh, maka Anda perlu memiliki hubungan yang kuat dan terbuka dengan manajemen.

Karyawan harus bisa merasa bertanggung jawab dengan tugasnya, untuk itu tiap divisi manajer pun harus bisa mengaturnya di bawah kendali dan pengawasan Anda, selalu lakukan diskusi dengan mereka meski Anda tak ada di kantor.

2. Ukur produktivitas karyawan secara digital

Saat ini ada alat yang bisa mengukur dan melacak keterlibatan dan produktivitas karyawan yang dapat membantu pengusaha dengan cepat menemukan peluang perbaikan saat karyawan membuat kesalahan.

Gunakanlah platform digital demi peningkatan akurasi, dan itu bisa dengan mudah dilakukan saat Anda ingin melihat kinerja dan produktivitas karyawan Anda.

3. Berikan jobdesk yang jelas

Setiap pekerjaan yang Anda berikan kepada karyawan harus dibuat skema kerjanya dengan jelas. Apa yang sebaiknya mereka lakukan dan apa saja tanggungjawab pekerjaannya, sehingga mereka pun tidak merasa ditinggalkan dan ketika Anda tidak berada di kantor, karyawan Anda sudah tahu apa saja yang akan mereka perbuat untuk tugasnya.

Sebisa mungkin berilah rekomendasi dan saran terbaik yang Anda miliki untuk karyawan. Setiap perusahaan pasti berbeda, jadi carilah pendekatan yang terbaik untuk pekerjaan jarak jauh yang Anda lakukan.

Dengan beberapa tips yang baik dan terencana, program kerja dari rumah atau bekerja dari jarak jauh dapat memberikan manfaat yang tak terhitung jumlahnya baik bagi karyawan maupun bagi pimpinan perusahaan.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!