Pria 85 Tahun Bertekad Taklukkan Puncak Gunung Everest

redaksi.co.id - Pria 85 Tahun Bertekad Taklukkan Puncak Gunung Everest Cita-cita tak boleh terhalang usia. Begitulah pedoman yang selalu dipegang pria Nepal berumur 85 tahun, Min...

40 0

redaksi.co.id – Pria 85 Tahun Bertekad Taklukkan Puncak Gunung Everest

Cita-cita tak boleh terhalang usia. Begitulah pedoman yang selalu dipegang pria Nepal berumur 85 tahun, Min Bahadur Sherchan.

Di usia senjanya, Min punya keinginan yang bisa disebut gila. Ia ingin menaklukkan gunung tertinggi dunia, Mount Everest.

Tidak main-main, Min berencana mendaki gunung setinggi 8.850 meter ini pada Mei mendatang. Bulan tersebut merupakan waktu terbaik untuk mendaki Everest.

“Saya ingin jadi orang tertua yang menaklukkan Everest. Sekali lagi ini saya lakukan untuk menjadi inspirasi bagi umat manusia,” sebut Min seperti dikutip dari Associated Press, Rabu (12/4/2017).

“Ini juga akan memacu semangat orang-orang tua dan mendorong semangat bagi orang-orang muda,” ucap dia.

Min melanjutkan, “Pesan yang ingin saya sampaikan bagi semua orang, umur bukan halangan untuk mencapai mimpi apa pun.”

Pria dengan 17 cicit ini sebenarnya sudah pernah menggenggam rekor sebagai pendaki Gunung Everest tertua. Hal itu ia lakukan pada Mei 2008 saat berumur 76 tahun.

Namun rekor itu tak bertahan lama. Pada 2013 pria 80 tahun dari Jepang Yuichiro Miura berhasil mencapai puncak gunung tersebut.

Sebenarnya, di 2013 Min sudah berencana mendaki Everest. Niatnya tertunda karena masalah keuangan dan izin pendakian.

Pada 2015 ia kembali mencoba peruntungan. Namun, kegagalan kembali datang. Gempa yang terjadi di Nepal jadi penyebabnya.

“Jadi saya yakin, saat ini saya akan berhasil, tidak ada masalah yang bisa menghentikan saya mendaki Everest dan mungkin sedikit halangan daricuaca,” ujarnya.

Selain ingin mengejar rekor pribadi, Min punya alasan kenapa dirinya mau kembali berlelah mendaki gunung tersebut.

“Setelah saya jadi pendaki tertua, masyarakat akan mendengar kampanye saya tentang perdamaian dunia,” kata dia.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!