KPK Perpanjang Penahanan Andi Narogong Hingga 40 Hari Ke Depan

redaksi.co.id - KPK Perpanjang Penahanan Andi Narogong Hingga 40 Hari Ke Depan Tersangka korupsi pengadaan e-KTP, Andi Agustinus (AA) alias Andi Narogong, Rabu (12/3/2017) penahanannya diperpanjang...

53 0

redaksi.co.id – KPK Perpanjang Penahanan Andi Narogong Hingga 40 Hari Ke Depan

Tersangka korupsi pengadaan e-KTP, Andi Agustinus (AA) alias Andi Narogong, Rabu (12/3/2017) penahanannya diperpanjang untuk kepentingan penyidikan.

“Penyidik hari ini melakukan perpanjangan penahanan bagi tersangka AA,” ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Febri menambahkan penambahan masa penahanan pada Andi Narogong dilakukan untuk 40 hari ke depan sejak 13 April hingga 22 Mei 2017 nanti.

“Perpanjangan penahanan ini adalah tahap kedua, dimana sebelumnya setelah ditangkap pada Kamis (23/3/2017) lalu. Keesokannya Jumat (24/3/2017) AA langsung ditahan selama 20 hari kedepan di rutan KPK,” tutur Febri.

Diketahui, dalam kasus korupsi e-KTP KPK telah menetapkan empat orang tersangka.

Dua tersangka sudah disidang yakni Irman dan Sugiharto.

Sementara dua lainnya masuk penyidikan baru di KPK yakni Andi Agustinus alias Andi Narogong dan Miryam S Haryani.

Dalam proyek ini negara mengalami kerugian sekurang-kurangnya Rp2,3 triliun dari total nilai paket pengadaan sekira Rp5,9 triliun.

Atas perbuatannya, Andi Narogong disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 Juncto Pasal 64 KUHP.

Untuk menyempurnakan perkara ini dan mengumpulkan kerugian negara KPK sudah menyita USD 200 ribu dari tangan AA.

Selain itu, KPK telah menggeledah dua rumah di Tebet, Jakarta Selatan.

Hasilnya telah dilakukan penyitaan sejumlah dokumen yang terkait dengan kepemilikan beberapa aset Andi Narogong termasuk dunit mobil, merk Velfire dan Range Rover.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!