Tiga Agenda Ini Jadi Fokus KPU Lima Tahun Mendatang

redaksi.co.id - Tiga Agenda Ini Jadi Fokus KPU Lima Tahun Mendatang Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari mengatakan ada tiga agenda penting yang harus diselesaikan...

52 0

redaksi.co.id – Tiga Agenda Ini Jadi Fokus KPU Lima Tahun Mendatang

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari mengatakan ada tiga agenda penting yang harus diselesaikan oleh KPU periode 2017-2022 setelah pemilihan ketua. Tiga agenda tersebut menyangkut pilkada serentak 2017, pilkada serentak 2018 dan pemilu 2019.

Menurut Hasyim, ketiga agenda telah dibahas dalam rapat pleno perdana KPU pada Rabu (12/4). Agenda pertama yakni agenda jangka pendek terkait penyelesaian proses pilkada serentak 2017.

“Masih ada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. Selain itu ada penyelesaian pemungutan suara ulang (PSU) dan sengketa pilkada di lima daerah di Papua,” ujar Hasyim dalam konferensi pers di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu malam.

Lima daerah yang dimaksud, yakni Kabupaten Jayapura, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Kepulauan Yapen. Hasyim melanjutkan, agenda kedua atau jangka menengah adalah persiapan pilkada serentak 2018.

Sementara agenda jangka panjang yakni mempersiapkan pemilu (pileg dan pilpres) yang juga berlangsung serentak pada 2019. Untuk ketiga agenda, KPU segera akan menyusun perencanaan strategis untuk lima tahun mendatang.

“Selanjutnya ada teknis dan perencanaan operasional yang akan ditetapkan setelah UU penyelenggaraan Pilkada selesai dibahas dan ditetapkan,” katanya.

Pada Rabu malam, tujuh komisioner KPU pun telah sepakat menetapkan Arief Budiman sebagai ketua periode 2017-2022. Penetapan dilakukan secara musyawarah mufakat dalam rapat pleno perdana KPU yang dipimpin komisioner tertua Evi Novida Ginting Manik dan Komisioner termuda Ilham Saputra.

Berikut adalah susunan kepengurusan KPU Periode 2017-2022.

Ketua : Arief Budiman

Unsur KPU RI Sebagai anggota DKPP: Hasyim Asy’Ari

Ketua Divisi Penyelenggaraan: Ilham Saputra

Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik: Pramono Ubaid Tanthowi

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan: Hasyim Asy’ari

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM: Wahyu Setiawan

Ketua Divisi Humas, Data Informasi dan Hubungan Antarlembaga: Viryan

Ketua Divisi Umum, Rumah Tangga dan Organisasi: Evi Novida Ginting Manik

(red/ngga/eksa/AR)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!