Pakai Google AutoDraw, Gambar Acak-acakan Disulap Jadi Rapi

redaksi.co.id - Pakai Google AutoDraw, Gambar Acak-acakan Disulap Jadi Rapi Google AutoDraw seketika menyulap gambar acak-acakan menjadi rapi dengan teknologi machine learning untuk mengenali obyek.Oik Yusuf/...

133 0

redaksi.co.id – Pakai Google AutoDraw, Gambar Acak-acakan Disulap Jadi Rapi

Google AutoDraw seketika menyulap gambar acak-acakan menjadi rapi dengan teknologi machine learning untuk mengenali obyek.Oik Yusuf/ KOMPAS.com

Tak semua orang bisa menggambar dengan apik di komputer atau gadget mobile. Bagaimana caranya agar bisa membuat coretan yang rapi tanpa harus susah payah belajar?

Hal tersebut kini bisa dilakukan dengan mudah berkat AutoDraw, sebuah tool berbasis web dari Google yang diluncurkan pekan ini.

AutoDraw menggunakan teknologi kecerdasan buatan dan machine learning untuk menebak objek apa yang berusaha digambar oleh pengguna.

Memakainya pun gampang, cukup kunjungi situs dan mulailah mencorat-coret dalam antarmukanya yang sederhana.

Berdasarkan hasil pengenalan coretan pengguna oleh AutoDraw, sejumlah saran gambar objek yang lebih rapi ditampilkan agar bisa dipilih.

Saran gambar-gambar ini berasal dari database seniman yang bekerja sama dengan Google. Dalam sekali klik di salah satu gambar objek yang disarankan, coretan amburadul pun disulap menjadi seolah hasil karya profesional.

(AutoDraw) Bisa digunakan di ponsel, komputer, atau tablet (secara gratis!), sebut Google dalam sebuah berisi pengumuman.

AutoDraw menggunakan prinsip kerja yang sama dengan eksperimen lain berupa mini game QuickDraw. Game tebak-tebakan gambar ini juga berbasis artificial intelligence. Sementara, AutoDraw lebih merupakan tool kreatif.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Rabu (12/4/2017), saat ini AutoDraw bisa menebak ratusan jenis obyek dalam gambar.

Google berencana mengembangkan database AutoDraw lebih jauh di waktu yang akan datang. Punya saran soal objek apa yang sebaiknya ditambah, atau ingin berkontribusi sebagai seniman? Kunjungi untuk memberi masukan pada Google.

Penulis: Oik Yusuf

Editor: Deliusno

Sumber:

Copyright Kompas.com

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!