5 Tips Sukses Jadi Reseller Pemula

redaksi.co.id - 5 Tips Sukses Jadi Reseller Pemula Seiring berjalannya waktu, semakin banyak bisnis yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah bisnis reseller. Tentu saja Anda telah...

47 0

redaksi.co.id – 5 Tips Sukses Jadi Reseller Pemula

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak bisnis yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah bisnis reseller. Tentu saja Anda telah akrab dengan istilah reseller. Reseller adalah salah satu bisnis yang dilakukan dengan bantuan media internet.

Bisa juga secara manual, namun akan semakin mudah jika Anda memanfaatkan layanan internet. Ruang lingkup bisnis yang bisa dijangkau juga akan semakin luas.

Bisnis menjadi reseller online shopping mengalami peningkatan yang cukup tajam. Faktanya, bisnis yang satu ini tidak hanya cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga. Bahkan pelajar atau mahasiswa sekalipun juga bisa menekuni bisnis yang satu ini. Jadi tidak ada batasan usia untuk melakukan menjadi reseller.

Bisnis reseller memang identik dengan kaum hawa. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kaum Adam juga bergabung dalam bisnis ini. Kategori bisnis reseller yang bisa dijalankan beraneka ragam. Yang paling populer adalah pakaian, tas, sepatu, dan produk kecantikan.

Bagi pemula, bisnis yang satu ini mungkin sedikit sulit untuk dijalankan.

Apalagi jika belum memiliki pengetahuan dan jaringan yang luas dalam memasarkan produk. Sebelum benar-benar menjadi reseller, sebaiknya Anda mencoba untuk menjadi penjual biasa terlebih dahulu.

Setelah mendapatkan pelanggan dan jumlah order yang lumayan banyak, barulah Anda bisa bergabung menjadi reseller. Usai menetapkan bisnis reseller apa yang dikerjakan, mari simak tips di bawah ini untuk reseller pemula seperti dikutip dari Cermati.com:

Kenali produk

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali produk. Lihat apakah produk yang dimiliki memiliki peluang yang besar untuk berkembang atau tidak. Jika memilih untuk menjadi reseller pakaian, maka Anda harus siap untuk bersaing dengan yang lainnya karena reseller yang satu ini sudah menjamur di mana-mana.

Popularitas Brand

Lihat berapa banyak brand tersebut dikenal oleh masyarakat. Semakin populer brand tersebut, maka masyarakat akan semakin tertarik untuk membelinya. Sehingga usaha akan semakin berkembang.

Membandingkan Produk

Ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan produk pakaian. Benar, tidak? Untuk itu sebelum memutuskan untuk bergabung, Anda perlu mengamati dan membandingkan produk yang sejenis. Misalnya bahan pakaian.

Profil Perusahaan

Menjadi reseller menunjukkan bahwa Anda telah siap bergabung untuk perusahaan tersebut. Langkah awal yang perlu diamati sebelum bergabung adalah melihat profil perusahaan dengan mencarinya di mesin pencari seperti Google.

Ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa reseller bagi yang mau, untuk itu Anda harus teliti. Ada saja perusahaan yang bermaksud untuk menipu para reseller-nya.

Untuk memastikan apakah perusahaan tersebut terpercaya, Anda bisa melihat bagaimana tanggapan atau komentar reseller lainnya yang sebelumnya telah bergabung.

Sistem Pelayanan

Hal ini juga tidak kalah pentingnya. Anda perlu memastikan berapa lama jam support online yang disediakan oleh perusahaan tersebut, apakah layanan konsumen buka setiap hari, dan ketahui bagaimana sistem pengirimannya.

Tidak lupa untuk mengamati bagaimana respon pasar terhadap pelayanan yang diberikan.

Setelah memahami tips di atas, berikut ada beberapa tips dalam memasarkan produk:

1. Gunakan Media Sosial

Media sosial adalah kunci sukses untuk memasarkan produk saat ini. Sebut saja Facebook dan Instagram. Kedua media sosial ini sangat populer sebagai lahan untuk mengembangkan usaha dan memaksimalkan keuntungan.

Hal yang perlu dilakukan untuk memasarkan produk adalah membuat akun khusus untuk online shopping Anda. Kalau tidak mau repot, Anda bisa saja langsung memanfaatkan akun pribadi untuk memasarkan produk tersebut.

2. Relasi

Menjalin relasi sangatlah penting terutama dalam berbisnis. Manfaatkan relasi atau hubungan pertemanan baik yang telah dijalin dengan sahabat Anda. Mintalah bantuannya agar ia mau memasarkan produk yang Anda jual.

Agar sahabat atau teman Anda tergiur, Anda bisa menawarkan komisi yang akan dia dapatkan setiap kali berhasil menjual satu produk. Canggihnya teknologi membuat Anda semakin mudah untuk menjalankan bisnis.

Relasi, kerja keras dan semangat pantang menyerah adalah kunci sukses ketika memulai bisnis. Baik bisnis menjadi reseller, bisnis properti, bisnis kuliner, dan bisnis lainnya.

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!