Pasukan Marinir Kampanye Pelestarian Terumbu Karang Lewat Funbike

TUBAN Redaksi.co.id - Pasukan marinir punya cara unik dalam kampanye pelestarian terumbu karang. Yakni melalui kegiatan funbike.Kampanye pelestarian terumbu karang melalui kegiatan “sepeda santai” ini digelar...

81 0

TUBAN Redaksi.co.id – Pasukan marinir punya cara unik dalam kampanye pelestarian terumbu karang. Yakni melalui kegiatan funbike.

Kampanye pelestarian terumbu karang melalui kegiatan “sepeda santai” ini digelar pasukan marinir pada 26 Mei 2015 lalu.

Bersama 74 anggotanya, Komandan Resimen Artileri 1 Marinir, Kolonel Marinir Frans Simanjorang memimpin kegiatan mengayuh sepeda sambil berkampanye pelestarian terumbu karang dari desa Labuhan Brondong hingga finish di desa Kemantren.

Sosialisasi pelestarian terumbu karang ini dilakukan kepada masyarakat Nelayan sekitar pantai yang dilalui.

Screenshot_2015-05-27-05-12-44Kolonel Frans Simanjorang mengaku prihatin dengan kerusakan terumbu karang di pesisir laut Gresik – Tuban. Oleh karena itulah pihaknya turun tangan dengan membuat terumbu karang buatan yang ditanam di laut.

“Dengan naik sepeda ini, selain untuk menjaga kesehatan, para anggota juga bisa lebih mendekatkan diri kepada masyarakat nelayan agar peduli akan kelestarian terumbu karang,” ujar Kolonel Simanjorang pada Redaksi.co.id.

Pada kegiatan funbike itu, pasukan Taifif Marinir juga melakukan penyelaman ke dasar laut untuk melihat dan memastikan medium penanaman terumbu karang secara tepat.

Jika dasar laut lumpur maka media yang digunakan adalah beton cor yang ditanamkan, namun jika dasar lautnya adalah pasir maka medianya adalah beton panjang yang ditaruh saja.

“Ini adalah salah satu upaya pasukan marinir dalam melestarikan laut indonesia,”tambah Danmenart 1 Marinir tersebut.(Angga Mega)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!