Pemkab Bekasi Bentuk Koperasi Sentral Bank Sampah

BEKASI Redaksi.co.id Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi bersama Komunitas Bank Sampah deklarasikan pembentukan Koperasi Sentral Bank Sampah (KSBS) Kabupaten Bekasi. Pembentukan KSBS ini di buat untuk...

27 0

BEKASI Redaksi.co.id Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi bersama Komunitas Bank Sampah deklarasikan pembentukan Koperasi Sentral Bank Sampah (KSBS) Kabupaten Bekasi. Pembentukan KSBS ini di buat untuk mengoptimalkan sumber daya Bank Sampah yang ada di daerah Kabupaten Bekasi.

Selain itu pembentukan KSBS juga bertujuan meghimpun semua kegiatan bank sampah di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi, membangun dan meningkatkan sinergisitas semua bank sampah dan stakeholder dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dan yang terpenting Juga untuk mengurangi jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Dalam deklarasi ini turut hadir pula Kabid Rehabilitasi Lingkungan Hidup, Agus dan Kabid Kebersihan, Doddy beserta 70 pengurus bank sampah di wilayah Kabupaten Bekasi, dengan kesepakatan penambahan 43 stasiun Bank Sampah yang akan di siapkan di seluruh daerah Kabupaten Bekasi.

Imam Hambali, salah satu pengurus koperasi sebagai perwakilan dari wilayah Cikarang Utara menyambut positif keberadaan KSBS.

Dengan hadirnya Koperasi sebagai wadah bersama akan meningkatkan koordinasi dan komunikasi seluruh bank sampah yang tersebar di Kabupaten Bekasi, ungkap lelaki yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Komunitas Peduli Halal tersebut.

Selain itu, menurut Imam, KSBS punya peran penting lainnya yakni sebagai media komunikasi untuk saling bertukar ide dan kreativitas.

Koperasi ini pun dapat menjadi ajang tukar ide dan kreativitas bagi pengurus bank sampah dalam mengelola baik dari sisi manajemen, operasional, mesin-mesin dan produk yang di hasilkan dari bank sampah, katanya.

Imam berharap KSBS dapat meningkatkan sinergitas seluruh stakeholder, tidak hanya pengelola bank sampah tapi juga masyarakat, pemerintah daerah dan pelaku industri. (Usman/Agus)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!