Pemkot Bekasi Berupaya Lebih Terbuka Kepada Media

190

BEKASI Redaksi.co.id Wartawan media dari harian cetak, elektronik dan media online, hingga para fotografer media, kemarin siang di Pendopo Kantor Walikota Bekasi berkumpul dan berdialog bersama Pemerintah Kota Bekasi.

Pemerintah Kota Bekasi menggelar acara tersebut sebagai ajang silaturahmi pimpinan daerah dan para pejabat dengan sejumlah wartawan yang selama ini melakukan peliputan di wilayah Kota Bekasi.

Beberapa perwakilan media dalam kesempatan itu memberikan beberapa masukan agar hubungan keterbukaan antara Pemkot dan media berjalan lebih baik. Terutama yang disampaikan mengenai pemenuhan informasi dari tiap pejabat dan pemangku jabatan di Kota Bekasi kepada wartawan.

Dalam acara tersebut hadir Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu, Sekda Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji dan para kepala SKPD dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) tiap SKPD yang dijabat para sekretaris. Selain itu pejabat humas dan telematika juga hadir.

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi menyampaikan beberapa hal terkait hubungan antara pemerintah dan media yang selama ini masih terjalin kurang baik. Ia banyak mendengar para kepala SKPD atau pemangku jabatan dilingkungan Pemkot Bekasi masih ada yang sulit dimintai informasi maupun dikonfirmasi mengenai pemberitaan.

“Hubungan pemerintah dan media harus ditingkatkan dan ada hubungan saling membutuhkan untuk membangun peradaban masyarakat Kota Bekasi yang Maju, Sejahtera dan Ihsan,” ucap Rahmat Effendi.

Menurut Rahmat Effendi, media yang ada justru bisa menjadi penyampai informasi pemerintah dengan masyarakat terkait program pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan.

Harapan Rahmat Effendi kepada para kepala dinas dan PPID harus bisa lebih terbuka lagi dalam memberikan informasi terkait kota Bekasi.

“Hadapi saja dan berikan informasi yang sejelas-jelasnya, katakan yang baik dan bila jelek pun sampaikan. tentu dengan kode etik yang kita pegang,” kata Rahmat Effendi.

Rahmat Effendi melanjutkan, fasilitas sarana pendukung untuk menulis berita dan mengakses informasi para wartawan telah disediakan melalui ruang media center. sarananya pun akan terus ditingkatkan.

Sementara itu, Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu mengatakan, dengan adanya pertemuan antara pemerintah dan wartawan ada keharmonisan dan komunikasi antara keduanya dapat semakin terbuka.

Ahmad Syaikhu menyampaikan, peran media sangat penting dalam menyampaikan informasi mengenai arah pembangunan kepada masyarakat. Dan ia berharap humas menjadi ujung tombak dalam memberikan penjelasan akurat terhadap kebutuhan informasi insan pers seperti melalui pres release.

“Kita sama-sama membangun kemitraan yang positif dalam arti tugas utama dalam pembangunan untuk mencapai visi yang dicitakan,” kata Ahmad Syaikhu.

Selain itu, Ahmad Syaikhu berharap kepada bagian humas dan SKPD mampu memanfaatkan teknologi infirmasi melalui web site SKPD dan media sosial SKPD untuk informasi pembangunan Kota Bekasi.

“Kita terus mengefektifkan dan optimalisasi peran PPID di SKPD. Saya juga berharap setiap dinas memiliki media sosial agar keluhan dan saran sesegera mungkin di tangani. informasi di website menjadi upaya menginformasikan kepada media,” kata Ahamad Syaikhu.

“Para pemangku jabatan tidak perlu sungkan atau ragu mengoptimalkan sarana yang memudahkan pers mengakses informasi. Kerja kita pun bisa langsung diketahui masyarakat luas,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Syaikhu berterima kasih kepada media yang telah menginformasikan program pemerintah terkait kelestarian lingkungan diantaranya pencanangan sejuta biopori, pembuatan 1000 taman dan penghijauan.

“Melalui bantuan peran media, dua program ini justru lebih tersosialisasi dan sekarang, BPLH sedang keteteran karena banyak warga meminta stik biopori dan penghijauan pohon,” pungkas Ahmad Syaikhu.

Ia pun optimis dengan hubungan pemkot dan media yang lebih terbuka, kegiatan pembangunan di Kota Bekasi akan bisa berjalan lebih baik untuk dapat mencapai visi misi Kota Bekasi yang Maju.
Ia pun optimis dengan hubungan pemkot dan media yang lebih terbuka, kegiatan pembangunan di Kota Bekasi akan bisa berjalan lebih baik untuk dapat mencapai visi misi Kota Bekasi yang Maju, Sejahtera dan Ihsan. (Agus)

loading...

Comments

comments!