Kawah Gunung Galunggung Semakin Menyempit

TASIKMALAYA Redaksi.co.id - Obyek wisata kawah Gunung Galunggung, yang berlokasi di Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya semakin hari terus menyempit.Pasca meletusnya Gunung terbesar di kabupaten...

167 0

TASIKMALAYA Redaksi.co.id – Obyek wisata kawah Gunung Galunggung, yang berlokasi di Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya semakin hari terus menyempit.

Pasca meletusnya Gunung terbesar di kabupaten Tasikmalaya tersebut tahun 1982 yang lalu sejumlah wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara sebenarnya sebenarnya cukup banyak yang mengunjungi obtek wisata tersebut.

Namun sayangnya, perhatian dari Dinas Pariwisata setempat terhadap obyek wisata itu masih kurang. Hal ini menyebabkan berbagai fasilitas untuk menarik para pengunjung masih kurang memadai. Selain kolam air panas yang biasa digunakan para wisatawan untuk mandi sangat kotor juga berbagai fasilitas lain masih jauh dari memadai.

Menurut Dedy (50) yang mengaku warga kampung Sibaju, Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu kepada Redaksi.co.id, tadi pagi, seharusnya pemerintah daerah kabupaten Tasikmalaya segera membenahi berbagai fasilitas untuk menarik para pengunjung berwisata ke lokasi obyek air panas gunung Galunggung.

“Memang sarana dan prasarananya masih kurang, ditambah lagi, kolam-kolam tempat pemandian air panas sangat kotor,” katanya.

Lebih lanjut pria yang kesehariannya berjualan di lokasi obyek wisata tersebut mengatakan, selain fasilitas yang lain masih dianggap kurang juga kawah Gunung Galunggung yang semakin hari terus menyempit.

“Dulu kawah luasnya 45 hektare dan sekarang akaibat penyempitan diperkirakan hanya tinggal 4 hektar,” ucapnya.

Dedi berharap, agar pemerintah kabupaten Tasikmalaya segera mencari solusi untuk memperluas kembali kawah tersebut, karena apabila dibiarkan berlarut-larut kawah Gunung Galunggung hanya tinggal cerita. (Acing)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!