Musim Hujan Berkah Bagi Petani Rumput Laut

Sumenep - redaksi.co.id, Musim penghujan menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah petani rumput laut, di Kabupaten Sumenep. Sebab, para petani bias mendapat rumput laut yang begitu melimpah...

338 0

Sumenep – redaksi.co.id, Musim penghujan menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah petani rumput laut, di Kabupaten Sumenep. Sebab, para petani bias mendapat rumput laut yang begitu melimpah dengan kualitas yang bagus. Curah hujan yang normal mendukung kualitas air laut, sehingga rumput laut tumbuh dengan baik.

Melimpahnya hasil budidaya rumput laut dengan kualitas yang bagus, dirasakan oleh sejumlah petani rumput laut di Desa Padike Kecamatan Talango, Pulau Poteran Kabupaten Sumenep. Saat musim penghujan para petani dapat menghasilkan rumput laut hingga 4 kwintal per petak.Namun jika kualitas rumput laut jelek, mereka hanya mendapatkan 2 hingga 3 kwintal saja. Harga rumpu laut saat ini sekitar Rp 3000 perkilogram dengan kondisi basah. Sedangkan untuk rumput laut kering harganya mencapai Rp. 10 ribu hingga Rp. 12 ribu rupiah.

Ahmad Hudairi, salah satu petani rumput laut mengaku, di musim penghujan saat ini turunnya hujan cukup normal. Hal itu sangat mendukung terhadap kualitas air laut, sehingga dapat menyebabkan rumput laut berkembang dengan baik.

Dengan hasil rumput laut yang melimpah dan kualitas yang bagus, para petani sangat bersyukur. Mereka berharap turunnya hujan tetap normal, sehingga dapat membuahkan hasil yang melimpah untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. (mud)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!