PDAM Tirta Bhagasasi: Pertumbuhan Penduduk Berimbas Pada Kebutuhan Air Bersih

BEKASI Redaksi.co.id Pesatnya pertumbuhan penduduk di Bekasi berimbas pada sulitnya memenuhi kebutuhan airbersih bagi seluruh warga setempat, ini di akui oleh Perusahaan Daerah Air...

13 0

BEKASI Redaksi.co.id Pesatnya pertumbuhan penduduk di Bekasi berimbas pada sulitnya memenuhi kebutuhan airbersih bagi seluruh warga setempat, ini di akui oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi, Jawa Barat.

“Pesatnya perkembangan penduduk di wilayah pelayanan kami yakni Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi, menjadi salah satu kendala yang dihadapi dalam mencapai target Millenium Development Goals (MDG’s),” kata Direktur Usaha PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Maman Sudarman, Rabu (03/06/2015).

Sesuai target MDG’s, cakupan pelayanan air bersih yang harus dipasok kepada pelanggan adalah 60 persen di Kota Bekasi dan 40 persen di Kabupaten Bekasi. Namun berdasarkan data pada akhir 2014, pasokan air bersih itu baru mencakup 40,76 persen dari total 2,5 juta warga Kota Bekasi.

Sementara di Kabupaten Bekasi baru 39,2 persen
dari total jumlah penduduk 3,1 juta jiwa.

“Persentase tersebut sifatnya masih fluktuatif karena pesatnya pertambahan penduduk yang tidak sebanding dengan penambahan cakupan pelayanan yang sanggup kami lakukan,” katanya.

Menurut dia, pesatnya pertumbuhan penduduk di dua kawasan itu tidak lepas dari keberadaan kota jasa dan industri yang ada di Kota Bekasi maupun Kabupaten Bekasi.

Upaya PDAM memperluas cakupan pelayanan tersebut terganjal besarnya modal yang harus dikeluarkan untuk pembangunan Instalasi Pengolahan Air Bersih serta perluasan jaringan.

“Penyediaan modal tentu tidak bisa kami penuhi sendiri, melainkan butuh juga bantuan dari stakeholder terkait, seperti Pemerintah Kota Bekasi dan Pemerintah Kabupaten Bekasi,” katanya.

Bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Pemkab Bekasi telah dipergunakan untuk pembangunan empat Instalasi Pengolahan Air (IPA) baru.

“Sementara dari bantuan swasta, dua IPA baru juga telah dan tengah dibangun,” pungkasnya. (Agus)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!