Home Industry Kosmetik Tak Miliki Izin Digerebek Polisi

BEKASI Redaksi.co.id Polisi membongkar home industry kosmetik kecantikan di perumahan elite Kemang Pratama, Bekasi, Jawa Barat. Pelaku usaha diketahui tidak memilki izin operasi dari BPOM.“Ya...

9 0

BEKASI Redaksi.co.id Polisi membongkar home industry kosmetik kecantikan di perumahan elite Kemang Pratama, Bekasi, Jawa Barat. Pelaku usaha diketahui tidak memilki izin operasi dari BPOM.

“Ya berdasarkan laporan dari masyarakat hari ini kami menggerebek rumah pembuat kosmetik kecantikan. Setelah kita lakukan pengecekan ternyata benar kalau rumah ini menjadi tempat produksi kosmetik ilegal tanpa merek dan izin,” ujar Kasat Narkoba, Kompol Sukardi, Jum’at (05/06/2015).

Proses penyelidikan telah dilakukan sejak Kamis (04/06/2015) pagi hingga pukul 14.00 WIB, polisi melakukan penggrebegkan di lokasi dan turut serta mengamankan pemilik pabrik berskala home industry tersebut.

“Setelah kita geledah, kita mendapatkan ribuan krim siap edar, sabun, toner dan pembersih wajah. Sejauh ini ada 9 saksi yakni karyawannya. Sementara pemiliknya kita bawa ke polres untuk dilakukan pemeriksaan intensif,” paparnya.

Sukardi mengatakan, pabrik ini sendiri telah setahun terakhir beroperasi di perumahan elite Kemang Pratama. Kendati begitu pihak belum dapat membeberkan bahan baku yang digunakan pelaku membuat krim.

“Bahan-bahannya masih kita periksa di laboratorium. Yang jelas rumah produksi ini tidak memiliki izin dari BPOM,” paparnya.

Satu paket kecantikan buatan pria berinisial DD (39) ini dibanderol harga Rp 50.000. Dalam satu bulan omset yang diperoleh pabrik tersebut mencapai puluhan juta.

“Sebulan omsetnya bisa Rp. 30 juta, atas perbuatan pelaku bakal dikenai pasal 196, 197 UU No 36 tahun 2009 tentang UU Kesehatan, ancaman 10 tahun penjara,” paparnya.(Agus/pandi)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!