Pengundian Rusun Jatinegara Barat Diikuti Ratusan Warga Kampung Pulo

262

JAKARTA Redaksi.co.id – Ratusan warga RW 01, 02, dan 03 Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, mulai mengikuti pendataan dan proses undian untuk mendapatkan unit di rusun Jatinegara Barat, Sabtu (06/06/2015).

Berdasarkan pantauan Redaksi.co.id, rombongan warga telah mengantri sejak pagi di ruangan lantai dua rusun untuk mengikuti alur pendataan dan pengundian nomor unit rusun. Warga mesti melakukan pemberkasan terlebih dulu pada petugas untuk verifikasi data anggota keluarga.

Setelah pemberkasan, baru dilakukan pengundian nomor unit rusun dengan cara dikocok. Selanjutnya, petugas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta akan membuatkan KTP warga sesuai domisili di rusun Jatinegara Barat. Hingga pada alur terakhir, warga yang belum memiliki rekening di Bank DKI akan didata untuk pembayaran rusun melalui autodebet.

Warga RT 06 RW 01 Anita (47) mengaku senang dengan kondisi rusun Jatinegara Barat yang luas dan bersih. Namun Anita menyayangkan ruangan yang dianggapnya terlalu sempit.

“Ya senang karena sudah diberikan tempat yang layak dan tidak kebanjiran. Tapi ruangannya sempit, mau naroh kasur saja enggak muat,” katanya.

Luas ruangan yang akan ditempatinya itu hanya 30 meter persegi, sedangkan rumah Anita saat masih di Kampung Pulo luasnya mencapai 93 meter persegi. Terlebih, ia tinggal bersama suami dan lima anaknya. Ruangan di rusun Jatinegara Barat ini terdiri dari ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi, dan dua kamar.

“Bingung juga dari yang biasanya ruangan besar jadi kecil. Barang jadi enggak ada yang bisa dibawa,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan dari petugas, kata Anita, kunci unit rusun akan diberikan pada Selasa (09/06/2015) depan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta Ika Lestari Aji menjelaskan, sambil menunggu pendataan dan pengundian bagi warga, fasilitas air dan listrik saat ini masih dalam proses.

“Sekarang masih proses, kita berharap Senin sudah selesai karena minggu depan targetnya warga sudah bisa menempati rusun,” kata Ika.

Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardhana
menambahkan, warga harus segera mendaftarkan diri untuk tinggal di rusun Jatinegara Barat. Sebab, selain untuk warga Kampung Pulo, rusun ini juga ditujukan bagi warga yang terkena proyek sodetan Kali Ciliwung-Kanal Banjir Timur (KBT). Pihaknya akan melakukan pendataan dan pengundian ini hingga Senin (08/06/2015) depan.

“Rusun ini peminatnya banyak, warga yang terkena proyek sodetan juga akan kemari. Jadi siapa cepat dia yang dapat,” katanya. (Nurdin/Agus)

loading...

Comments

comments!