Aktif di Berbagai Organisasi Wanita, Hj. Ramlah M. Siri, SPd, MSi, Kepala SMPN 14 Palu Raih Kartini Awards 2015

390

JAKARTA Redaksi.co.id –
Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 14 Palu, Sulawesi Tengah, Hj. Ramlah M. Siri, SPd, MSi, nampaknya bukan hanya sekedar Kepala Sekolah.

Dari sederet tugas dan tanggungjawabnya sebagai Kepala Sekolah (Kepsek), ibu guru ini masih bisa membagi waktu dan perhatiannya terhadap organisasi kewanitaan, maupun organisasi lingkup pendidikan. Namun bukan saja di tingkat kota/ kabupaten Palu, bahkan menjelajah hingga ke tingkat provinsi Sulawesi Tengah (prov. Sulteng).

Berbagai jenjang organisasi yang diikutinya secara aktif antara lain: Ketua Dharma Wanita Dinas Pendidikan dan Kebudayaan prov. Sulteng; Ketua I DPD Dharma Wanita Provinsi Sulteng (Ketuanya: Ibu Sekdaprov); Ketua Bidang Pendidikan Tim Penggerak PKK Prov. Sulteng (Ketuanya: Ibu Gubernur). Hal ini tentu bukan tanpa alasan.

Karena Hj. Ramlah memang isteri dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) prov. Sulteng sejak 3 tahun terakhir ini. Bahkan jauh sebelumnya, tahun 2003, ketika sang suami masih Kepala UPTD di tingkat kecamatan, kemudian diangkat jadi Kepala Dinas Dikbud Kota Palu tahun 2008, yang secara otomatis menempatkan Hj. Ramlah sebagai Ketua Dharma Wanita-nya.

Bukan itu saja. Hj Ramlah juga tercatat sebagai salah seorang pengurus GOPTKI (Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia) sebagai binaan dari Dinas Dikbud; dan anggota organisasi AKSI (Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia); serta juga aktif di Asosiasi PPKN (Pengajar Pendidikan Kewarga Negaraan).

Selain itu, wanita gesit ini juga sering jadi langganan pengajar Etika di Pemilihan Putera-Puteri kota Palu. Sebab ia juga sudah beberapakali mengikuti pelatihan Etika dan Keprotoleran, baik di kota Palu maupun di Jakarta.

Bahkan tak jarang pula, dirinya diundang sebagai narasumber di acara-acara pendidikan di RRI dan TVRI lokal. Termasuk sering diundang sebagai pembicara di berbagai Seminar tentang Etika dan Pendidikan.

Menurutnya, semua kegiatan itu dilakukan dengan senang hati. Bahkan tak jarang waktunya sangat terjadwal padat dan ketat, jika ada kegiatan-kegiatan tersebut. Dan memang diakui, sejak SMP, hingga SMA, dirinya sudah terbiasa aktif di kepemimpinan OSIS.

“Ya, pada dasarnya saya memang suka berorganisasi, suka ketemu banyak pihak, karena bisa saling sharing dan berbagi pengetahuan. Jadi, itu yang selalu membuat saya enjoy,” ungkapnya saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Sementara itu, soal SMP Negeri 14 Palu yang dipimpinnya 3 tahun terakhir ini, benar-benar mengalami lompatan signifikan. Dari mulai: Perwajahan sekolah yang dipermak (ganti ukuran dan posisi plang nama sekolah dan merubah cat tembok sekolah); Lingkungan sekolah yang berbasis penghijauan (termasuk menginovasi ruang guru dan siswa memiliki miniatur taman dan kreativitas seni dari limbah); Membentuk program Bank Sampah; Membagun semangat para pendidik; hingga Memotivasi para siswanya untuk berprestasi di berbagai ajang lomba.

Tak urung, berbagai predikatpun diraih oleh para siswa (seperti: dalam Lomba Pidato bahasa Asing; omba seni), sekolah, dan guru-guru di sekolahnya. Bahkan dirinya terpilih jadi Kepsek SMP Terbaik se Kota Palu tahun lalu.

Tak cukup sampai disitu, tahun 2015, kembali dia bertarung, dan meraih predikat Kepsek Terbaik se kota Palu, dan terpilih pula menjadi Kepsek Terbaik Tingkat Provinsi Sulteng. Dan untuk hal ini, Hj. Ramlah akan mewakili Kepala Sekolah Terbaik dari prov. Sulteng, untuk mengikuti Upacara Hari Kemerdekaan R.I, di Istana Negara, Jakarta, 17 Agustus mendatang.

Sebagai catatan, dengan segudang prestasi itu, siswa yang mendaftar ke SMP Negeri 14 Palu, melonjak dari 300-an sebelumnya, menjadi sekitar 1.200-1.400-an dalam 2 tahun terakhir. Sementara daya tampung sekolah, masih tetap 30 kelas.

Sebab itu, berdasarkan catatan sederet aktivitas kewanitaan, dan prestasinya yang sangat terukur, maka Lembaga Anugerah Prestasi Insani (API), Jakarta memberikan penghargaan Kartini Awards 2015, pada 8 Mei 2015 lalu, di Grand Ballrom, Grand Cempaka Hotel, Jakarta Pusat.

Penghargaan yang diberikan berupa Piala, Lencana dan Sertifikat Pigura bertinta emas. Dianugerahkan oleh Ketua Dewan Pembina lembaga, Prof. DR. H.B Katili, MM, dan Chairman, Danny PH Siagian, SE, MBA, MM, didampingi Ketua Pelaksana, Moody J. Prang, SE. Bersama Hj. Ramlah, ada 19 tokoh yang terpilih dari 33 orang yang terjaring di tahap kedua.

Menjawab pertanyaan wartawan, pimpinan sekolah ber-Standar Sekolah Nasional (SSN) ini mengatakan, sangat bersyukur bisa menerima penghargaan.

Alhamdulillah. Saya sangat bersyukur menerima penghargaan Kartini Awards 2015 dari lembaga independen dari Ibukota Negara. Penghargaan ini seakan melegitimasi kegiatan-kegiatan saya di berbagai organisasi kewanitaan dan aktivitas saya di pendidikan,” pungkas Ibu 2 anak ini, usai menerima penghargaan. (DANS)

loading...

Comments

comments!