11 Anggota Ormas Diamankan Petugas Pada Saat Pembongkaran Ruko di Harapan Indah Kota Bekasi

BEKASI Redaksi.co.id Sebanyak 11 anggota organisasi masyarakat (ormas) diamankan jajaran Polresta Bekasi Kota, saat petugas melakukan penertiban kios di daerah Harapan Indah, Medansatria, Kota Bekasi, Selasa...

17 0

BEKASI Redaksi.co.id Sebanyak 11 anggota organisasi masyarakat (ormas) diamankan jajaran Polresta Bekasi Kota, saat petugas melakukan penertiban kios di daerah Harapan Indah, Medansatria, Kota Bekasi, Selasa (09/06/2015) pagi.

Mereka diamankan karena dianggap sebagai provokator terjadinya bentrok saat petugas membongkar kantor mereka.

Kasubag Humas Polresta Bekasi Kota, AKP Siswo mengatakan, 11 orang itu terdiri dari sembilan pria dan dua wanita.

Menurutnya, mereka masih diamankan petugas kepolisian untuk dimintai keterangan terkait kericuhan antara petugas.

“Mereka diamankan karena dianggap telah memprovokasi massa untuk menolak penggusuran markas mereka,” kata Siswo, Selasa petang.

Seperti diketahui, sebanyak 260 kios berbahan semi permanen dibongkar petugas karena dianggap berdiri di lahan pemerintah. Awalnya penertiban itu berjalan dengan kondusif, namun belakangan terjadi bentrokan saat petugas hendak merobohkan markas mereka.

Massa yang jengkel, lalu menghadang petugas dengan tangan kosong. Bahkan sempat terjadi aksi dorong antara petugas dengan massa. Keributan tak bisa dielakkan, lalu polisi mengamankan 11 orang, yang dianggap menjadi provokator.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengawasan Lahan dan Bangunan Dinas Tata Kota (Distako) Kota Bekasi, Nurdin Manurung, menyatakan pihaknya tetap membongkar markas mereka karena dianggap menyalahi aturan dengan berdiri di lahan hijau.

“Kita ingin mengembalikan fungsi utama lahan tersebut. Memang tadi ada perlawanan dari anggota ormas, tapi tujuan kita tercapai. Semua bangunan telah dirobohkan,” katanya. (Agus)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!