Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Diresmikan Presiden Jokowi

285

PURWAKARTA Redaksi.co.id Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Jalan Tol Cikopo-Palimanan sepanjang 116,75 kilometer (km) di Gerbang Tol Cikopo, Sabtu (13/06/2015).

Presiden mengatakan, Tol Cipali akan memperlancar arus mudik lebaran, karena bisa mengurangi beban Jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa.

“Pembangunan jalan tol selama 2,5 tahun dan lebih cepat dari target. Sehingga sebelum bulan puasa ini sudah selesai,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan pengoperasian Jalan Tol Cipali, di Cikopo.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono mengatakan, Jalan Tol Cipali akan menghubungkan Jalan Tol JakartaCikampek dan Jalan Tol PalimananKanci.

Jalan Tol CikopoPalimanan akan mengurangi jarak tempuh jalur Pantura sepanjang 40 km dan mengurangi waktu tempuh selama 1,5 jam, kata Basuki.

Basuki juga mengatakan Jalan Tol Cipali diharapkan bisa menyelesaikan sebagian besar permasalahan prasarana jaringan jalan khususnya di wilayah Pantura Jawa Barat.

Lanjut Basuki, jalan Tol ini juga dapat mendukung mobilitas dan perkembangan potensi ekonomi Jawa Barat. Jalan tol Cipali sepanjang 116,75 kilometer merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia dan merupakan bagian dari sistem jalan tol Trans Jawa.
Jalan Tol ini melintasi 5 kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan Cirebon.

loading...

Comments

comments!