Hadapi Pilkada Blitar, 9 Partai Telah Berkoalisi

BLITAR Redaksi.co.id Sebanyak sembilan partai di Kabupaten Blitar melakukan koalisi dan mendeklarasikan diri dengan nama ‘Deklarasi Rakyat Blitar Berjuang’ untuk menghadapi pemilihan kepala daerah serentak yang...

21 0

BLITAR Redaksi.co.id Sebanyak sembilan partai di Kabupaten Blitar melakukan koalisi dan mendeklarasikan diri dengan nama ‘Deklarasi Rakyat Blitar Berjuang’ untuk menghadapi pemilihan kepala daerah serentak yang berlangsung pada Desember 2015.

Koordinator koalisi, Suswati, Sabtu (13/06/2015), mengatakan, koalisi ini merupakan hasil dari kesepakatan bersama. Ia dengan pengurus partai lainnya sudah lama mengadakan komunikasi dan memutuskan bergabung menghadapi pilkada.

Sembilan partai itu adalah PKB, PAN, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKS, Partai Nasdem, PPP serta Partai Hanura.

“Kami secara bersama-sama menginginkan Kabupaten Blitar lebih baik lagi. Kami sudah sepakat koalisi,” katanya.

Ia mengatakan, pengurus partai yang tergabung dalam koalisi juga belum memutuskan siapa yang akan maju menjadi calon bupati dan calon wakil bupati untuk pilkada di Kabupaten Blitar.

Namun, ia juga menegaskan dari hasil koalisi itu tidak menutup kemungkinan calon bukan hanya dari internal partai melainkan dari luar. Saat ini, koalisi masih fokus untuk memutuskan siapa yang layak diusung.

“Nantinya tidak menutup kemungkinan calon dari internal, tapi kemungkinan juga dari luar,” ujar Suswati.

Deklarasi itu dilakukan di salah satu hotel di Kota Blitar, yang diikuti sembilan pengurus partai yang berkoalisi. Mereka bersama-sama bersepakat untuk memenangkan pilkada. Selain itu, mereka juga membuat kesepakatan bersama, dengan membubuhkan tanda tangan sebagian bentuk resmi dari koalisi.

Di Kabupaten Blitar, partai yang berkoalisi itu mendapatkan kursi yang cukup banyak. PKB mendapatkan sembilan kursi, PAN tujuh kursi, Gerindra enam kursi, sementara partai lainnya di bawah lima kursi. Secara total, ada 34 kursi dari total 50 kursi DPRD Kabupaten Blitar.

Untuk bakal calon baik bupati dan wakil bupati, dari koalisi nantinya memutuskan akan mengumumkan paling lambat satu pekan sebelum jadwal pendaftaran bakal calon di KPU Kabupaten Blitar.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Blitar, Imron Nafifah, mengatakan, KPU saat ini sedang giat melakukan sosialisasi menghadapi pilkada. Salah satu sosialisasi itu, dengan mengadakan gerak jalan yang melibatkan masyarakat. Selain sosialisasi, Nafifah juga mengatakan KPU juga persiapan untuk verifikasi daftar pemilih.

Jumlah penduduk di kabupaten ini, lebih dari 1 juta, sementara dalam pemilu legislatif sebelumnya daftar pemilih tetap mencapai 930.000.

Namun, untuk saat ini, KPU belum melakukan verifikasi, sebab menunggu daftar penduduk potensial pemilih pemilu dari pemda setempat.

“Data pemilih nanti akan diterima pada 23 Juni. Kalau sekarang, kami masih persiapan untuk SDM, bimtek (bimbingan teknis) untuk pemutakhiran data,” kata Nafifah.

Kabupaten Blitar termasuk daerah yang menyelenggarakan pilkada serentak, Desember 2015. Di Jatim, ada 19 daerah yang menyelenggarakan pilkada bersamaan.

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!