Ormas Sekar Jagad, Binaan Mabes Polri, Kembangkan Sayap di Rembang

REMBANG (wartamwrdeka.com) - Undang Undang Nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan (Ormas) telah menginsyaratkan jika sebuah ormas bukanlah orsospol (organisasi politik), hal itu dikarenakan UU tentang...

30 0

REMBANG (wartamwrdeka.com) – Undang Undang Nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan (Ormas) telah menginsyaratkan jika sebuah ormas bukanlah orsospol (organisasi politik), hal itu dikarenakan UU tentang partai politik sudah memiliki wadah tersendiri. UU Nomor 17/2013 telah mengatur jika ormas adalah lembaga non partisan,semata bekerja dan berkomitmen kepada berbagai kegiatan untuk kesejahteraan anggotanya serta kegiatan lain yang diatur dalam AD/ART masing-masing.

Demikian disampaikan Ketua Ormas Sekar Jagad Kabupaten Rembang, Agus Sutomo saat memberi sambutan dalam acara louncing/tasyakuran Ormas tersebut di sekretariat Jl Slamet Riyadi,Desa Ketanggi, Kecamatan Kota Rembang Minggu (14/6)

Ditambahkan,ormas ini berdiri dengan embrio ngleluri budaya Jawa seni karawitan Sekar Jagad yang diasuh seniman Sundaryo dan telah didaftarkan di Notaris Mohamad Hilal.

Ormas Sekar Jagad disamping ngleluri budaya Jawa, termasuk menggeluti batik tulis,kata Agus yang juga wartawan Harian KR di Rembang ini juga sudah membentuk divisi-divisi guna pemberdayaan anggotanya.

Divisi Hukum dipegang Darmawan Budiharto SH salah seorang pengacara terkemuka di Rembang, juga Divisi ekonomi yang akan disusul divisi lain.

Jujur saja saya merasa didesak oleh teman teman untuk didaulat sebagai ketua ormas,termasuk salah seorang jenderal bintang dua dari Mabes Polri,Irjen Pol
Indra Irawan dan Brigjen Pol Bambang Ghiri yang kebetulan peduli dengan wilayah Kabupaten Rembang,Blora dan Pati. Dan ormas ini beliau berdua menyatakan kesediannya sebagai dewan pembina dan penasehat, jelas Agus.

Sementara itu Bupati Rembang H Abdul Hafid menyambut positif lahirnya Ormas Sekar Jagad yang diharapkan akan memberi warna tersendiri dan memberikan konstribusi positif bagi pemberdayaan masyarakat serta pembangunan berbagai potensi yang ada di wilayah ini.

Yang saya tahu Sekar Jagad itu nama batik,tetapi ada ormas yang namanya sama tidak masalah dan semoga ormas ini akan kian harum, kata Bupati.

Brigjen Polisi Drs Bambang Ghiri yang menjabat Kepala Pusat Keuangan Mabes Polri dalam kata sambutannya menyatakan menyambut positip lahirnya Ormas Sekar Jagad di Kabupaten Rembang dan telah dijadikan mitra Pusku Mabes Polri.

Jenderal bintang satu ini berharap Sekar Jagad harus bisa memberi manfaat bagi masyarakat luas khususnya anggotanya dan tidak terjebak dalam politik praktis.

Tasyakuran dengan persembahan Seni Karawitan dan musik campursari ditandai dengan pemotongan tumpeng, pembukaan tirai serta penyerahan tanda anggota mitra Polri kepada Ketua Ormas Sekar Jagad. (Hasan)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!