KPU Kota Serang Gugurkan Satu Pasangan Balon Peserta Pilkada

    282

    SERANG Redaksi.co.id Pasangan bakal calon (Balon) peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang, Udin Saparidin-Rosadi Pribadi dari jalur perseorangan langsung dinyatakan gugur oleh KPU Kabupaten Serang karena terlambat menyerahkan berkas dukungan.

    KPU Kabupaten Serang telah melakukan sosialisasi bahwa jadwal terakhir penyerahan berkas dukungan bagi Balon perseorangan paling lambat Senin (15/06/2015) pukul 16.00 WIB.

    Namun, pasangan Balon Udin Saparudin-Rosadi Pribadi datang ke KPU Serang lewat dari waktu yang telah ditentukan sehingga KPU Kabupaten Serang langsung menggugurkan pasangan tersebut.

    Kami hanya berpatokan pada peraturan yang berlaku. Kalau ada pasangan balon mengatakan sudah datang dan menyampaikan syarat dukungan, kami hanya akan berpatokan di hari terakhir penyerahan syarat dukung yakni pukul 16.00 WIB. Lewat dari waktu yang telah ditentukan kami tidak bisa memberikan toleransi, tegas Ketua KPU Kabupaten Serang, Muhamad Nasehudin, Senin (15/06/2015).

    Nasehudin menegaskan, jika pasangan Balon datangnya lewat dari jam yang telah ditentukan dengan berbagai alasan, itu bukan ranah KPU. Yang jelas penyerahan dokumen paling lambat pukul 16.00 WIB.

    Kalau tim pasangan Balon tersebut menyerahkan syarat dukungan tepat waktu maka dokumen tersebut akan secepatnya dihitung bersama.Kalau datangnya tepat waktu, kami bisa langsung memeriksanya dan menghitung secara bersama-sama,jelasnya.

    Menurut Nasehudin, dokumen yang tidak dibawa oleh pasanagan Udin Saparudin dan Rosadi Pribadi antara lain dukungan KTP sesuai dengan formatnya. Namun demikian, jika memang yang bersangkautan merasa dirugikan dengan keputusan tersebut tentunya dipersilakan melayangkan gugatan ke Bawaslu maupun Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

    “Silakan sengketakan ke Bawaslu atau PTUN, karena ada mekanisme sendiri. Kami selalu siap menghadapi hal seperti itu. Ini merupakan konsekuensi dari tugas KPU sebagai penyelenggara Pilkada, tegasnya.

    Sementara itu, Balon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serang dari jalur perseorangan Udin Saparudin dan pasanganya Rosadi Pribadi mendatangi KPU Kabupaten Serang Senin (15/06/2015) sekitar pukul 18.20 WIB. Kedatangan mereka karena tidak terima atas sikap KPU yang menolak berkas mereka karena lewat dari jadwal yang ditentukan.

    Balon Bupati dan Wakil Bupati Serang dari jaluar perseorangan Udin-Rosadi bersama sejumlah tim suksesnya datang ke KPU Kabupaten Serang dengan menggunakan sejumlah mobil. Dari dalam mobil tersebut terlihat ribuan persyaratan dukungan. Sempat terjadi ketengangan antara kedua belah pihak. Namun keributan tidak terjadi karena ada pengamanan ketat dari pihak kepolisian.

    Udin Saparudin mengungkapkan, pihaknya secepat mungkin akan menggugat KPU Kabupaten Serang ke PTUN. Hal itu dilakukan lantaran tidak ada toleransi waktu yang diberikan ke pihaknya.

    “Pukul 15.00 WIB, kita sebetulnya sudah bawa, persyaratan KTP hampir 90.000 tapi kita pulang terlebih dulu untuk mengambil kekurangannya dua dus lagi. Begitu datang lagi ke KPU justru langsung ditolak,” kata Udin.

    Menurutnya, dalam hal ini KPU hendaknya memberikan toleransi. Artinya bisa memberikan waktu sedikit ketika pihaknya sudah bisa memenuhi syarat tersebut.

    “Ketika kami datang pukul 15.00 WIB, KPU menyatakan boleh syarat awal dulu. Terus kenapa begitu waktunya sudah lewat kemudian diputuskan tidak bisa. Kan kurang masuk logika,” tegasnya

    loading...

    Comments

    comments!