Di Persawahan Kalibaru Medan Satria Bekasi, Program Ketahanan Pangan TNI Koramil-01 Kranji Panen Raya

BEKASI Redaksi.co.id Batang-batang padi masih terlihat kekar dan rimbun, menawarkan buahnya elok menguning, hamparan lahan persawahan sepanjang 3 hektar yang ditanami padi itu siap untuk di panen...

72 0

BEKASI Redaksi.co.id Batang-batang padi masih terlihat kekar dan rimbun, menawarkan buahnya elok menguning, hamparan lahan persawahan sepanjang 3 hektar yang ditanami padi itu siap untuk di panen Demplot Ketahanan Pangan Koramil-01 Kranji, Kota Bekasi dalam memberikan surplus hasil panen tahun ini.

Lokasi lahan persawahan di kawasan Jalan Mawar VI RT05 RW09 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi tahun ini mengalami peningkatan di banding panen sebelumnya.

Di panen saat usia padi telah mencapai sekitar empat bulan. Panen yang melibatkan 3 pilar ini tampak semarak, meski tidak di dahului acara seremonial, mengingat bulan suci ramadhan dan panasnya sinar matahari.

Selepas memanen secara simbolis padi Cidenok, mereka pun berteduh di bawah tenda menghindari teriknya sengatan sang mentari.

Ini panen yang pertama kali di Kalibaru (sejak menjabat) Alhamdulillah, saya lihat padinya sangat bagus-bagus dan hasilnya juga bagus. Dan ini panen hari pertama, di perkirakan besok berlanjut, kata Wadanramil-01 Kranji, Kapten Gunawan, Selasa (07/07/2015).

Saat di telisik serangan hama wereng, diakui pria asal Solo, Jawa Tengah ini mengklaim tidak ada.

Kalau untuk hama wereng saya amati nggak ada. Paling juga ada tikus, ada juga keong-keong yang mengandung racun, sebabkan ada yang gabuk, tapi nggak banyak, ujar Gunawan.

Diakuinya bahwa pertanian yang dikelola Koramil-01 Kranji di bawah komando kendalinya melibatkan dua (2) bhabinsa yang sigap dan ready mengawasi setiap waktu.

Ada 2 personil bhabinsa Kelurahan Kalibaru, bahkan hampir setiap hari mereka berdua selalu melaksanakan pendampingan dengan petani. Bekerjasama dengan kelompok tani Katin Sutisna, jelas Gunawan.

Ke depannya terkait panen di Kalibaru ini supaya hasilnya lebih bagus lagi dari kemarin. Ya intinya mudah-mudahan hasilnya berlimpah.

“Sedang untuk kawasan yang lain di jajaran wilayah Koramil-01 Kranji ada di wilayah Kecamatan Bekasi Barat, tapi lokasi tersebut rencananya mau diurug, tapi saya belum dapat informasi lagi, terkait pengurugan itu, urai Gunawan.

Sementara itu Taufiq selaku Camat Medan Satria pun hadir mendampingi Kapten Gunawan dalam panen padi varietas Cidenok asal Karawang. Saat di konfirmasi bahwasanya panen raya ini dikatakan
sebagai program TNI manunggal bersama rakyat dan relevansi dengan Ketahanan Pangan TNI.

Koramil-01 Kranji bagian fungsi TNI dalam rangka manunggal dengan rakyat. Dan saya berharap lahan-lahan tidur yang masih ada di wilayah Medan Satria, kalau perlu kita manfaatkan seperti ini, selain berdaya guna akan memberikan hasil manfaat juga, tidak di biarkan hanya lahan kosong saja, kata Taufiq.

Ditandaskan lebih lanjut, ini pakai padi yang usinya tiga setengah bulan dan padi varietas Cidenok asal Karawang. Untuk total lahan pertanian hanya tinggal mengandalkan yang ada di Kalibaru.

Sedang lahan kosong yang lain sudah bukan berbentuk sawah. Kalau bisa lahan tidur lain jika tidak ditanami tanaman padi, bisa ditanami palawija daripada di tidurkan. Ada juga yang lahan masih dikuasai pengembang tapi kosong.

“Sepanjang mereka bisa kerjasama dengan teman-teman TNI memang ada programnya, ada terkait ketahanan pangan, imbuh Taufiq.

Hadir dalam panen padi varietas Cidenok Kalibaru, selain Wadanramil 01 Kranji Kapten Gunawan, Camat Medan Satria Taufiq, Lurah Kalibaru Zainal Arifin, dan Waka Polsek Medan Satria AKP Slamet Trisanto serta Bhabinsa Kelurahan Kalibaru Pelda Aat Sulaiman dan Serda Damroh serta puluhan anggota Koramil-01 Kranji lainnya. (Agus)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!