Humas Polda Metro Jaya dan PPWI Sepakat Jalin Kejasama Bina Kalangan Remaja

275

JAKARTA Redaksi.co.id – Kepolisian sebagai institusi Negara yang salah satu tugas pokok dan fungsinta (tupoksi) menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), harus terus melakukan pembinaan masyarakat.

Seiring dengan posisi Kepala Bidang (Kabid) Humas (Hubungan Masyarakat) Polda Metro Jaya, yang belum lama ini dijabat oleh Kombes Pol Muhammad Iqbal, Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) menyampaikan gagasan kerjasama pembinaan kalangan remaja. Hal ini dimaksudkan untuk memberi alternatif kegiatan positif bagi para remaja, daripada mereka sering terlibat tawuran maupun narkoba.

Ketua Umum DPN PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd, MA, M.Sc menyampaikan gagasan tersebut kepada M. Iqbal, tentang perlunya remaja mengenal kepolisian secara lebih dekat. Program tersebut dikombinasikan dengan pelatihan jurnalisme warga (Citizen Journalism), yang dikoordinir Polres dibawah naungan Polda Metro Jaya.

Untuk pencegahan meningkatnya kenakalan remaja di wilayah Polda Metro Jaya, kami mengusulkan program positif sebagai alternatif. Prinsipnya, bagaimana supaya kalangan remaja di wilayah Polres-polres bisa mengenal kepolisian lebih dekat. Mereka juga diberi gambaran risiko hukum jika melakukan pelanggaran ketertiban masyarakat. Hal itu dikombinasikan dengan pelatihan jurnalisme warga (citizen journalism), agar mereka memiliki modal penulisan dalam bidang jurnalistik, kata Wilson kepada M. Iqbal dalam kesempatan audiensi, Senin (06/07/2015), di ruang Humas Polda Metro Jaya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Dikatakan Wilson, jika kerjasama melalui Polda Metro Jaya yang diteruskan ke Polres-polres dibawah naungannya, bisa mengundang para anak Sekolah SMA/ SMK, bahkan siswa SMP, maka koordinasinya akan lebih mudah.

Tentu, jika koordinasi Polda Metro Jaya kepada Polres-polres mengundang para siswa SMA/ SMK bahkan SMP ke Polres setempat, itu akan lebih mudah. Secara teknis, PPWI siap membantu pelaksanaan dalam bentuk kepanitiaan, paparnya.

Wilson berkeyakinan, jika pola pembinaan ini dapat dilakukan secara berkala, maka niscaya kepolisian akan mampu menekan atau bahkan meminimalisir tingkat kenakalan remaja di wilayah Polda Metro Jaya.

Kita yakin Polda mampu menekan atau meminimalisir laju peningkatan kenakalan remaja. Karena mereka akan mendapat arahan dan bimbingan dari aparat kepolisian. Selain itu, citra kepolisian di mata masyarakat juga akan semakin baik. Karena mampu memberi arahan dan pembinaan terhadap kalangan remaja secara faktual, tandasnya.

Menanggapi gagasan tersebut, M. Iqbal mengatakan, dirinya sangat bersyukur, karena baru beberapa minggu menjabat, sudah ada dukungan yang memberi gagasan baik.

Saya sangat bersyukur. Karena saya baru menjabat, sudah ada organisasi jurnalis yang memberikan dukungan gagasan yang baik. Apalagi Polda Metro Jaya memang menjadi barometer diantara Polda-polda di Indonesia, ujarnya antusias.

Namun menurut mantan Kapolres Jakarta Utara ini, gagasan tersebut akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan bidang-bidang terkait, dan melaporkannya kepada Pimpinan.

Tentu, hal ini akan saya koordinasikan terlebih dahulu dengan bidang-bidang terkait, dan akan melaporkannya kepada Pimpinan, terangnya.

Lulusan Akpol tahun 1991 ini bahkan mengatakan, agar komunikasi dan koordinasi dengan PPWI selanjutnya, langsung terhadap dirinya.

Jadi, komunikasi dan tindak lanjut mengenai hal ini nanti, langsung ke saya dulu. Jika sudah jelas, nanti akan kita limpahkan kepada koordinator yang ditetapkan, pungkasnya.

Usai pertemuan, pria tinggi besar ini menjelaskan rencana renovasi gedung Humas dan Ruang Khusus Pers. Selanjutnya, Iqbal mengajak berfoto bersama. (DANS)

loading...

Comments

comments!