Jelang Hari Raya Lebaran, Komisi IV DPR-RI Pantau Harga di Pasar Induk Cibitung

157

BEKASI Redaksi.co.id Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja untuk memantau stabilitas harga sejumlah komoditas yang menjadi kebutuhan masyarakat pada saat Lebaran nanti di Pasar Induk Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Dari kunjungan tersebut berhasil di himpun sejumlah masukan, upaya pemerintah melakukan operasi pasar cukup berhasil mencegah spekulan bermain harga.

Kami melihat dalam kunjungan ini ada kesiapan pemerintah dalam mengawal dinamika harga menjelang lebaran nanti. Tadi kita berdialog dengan sejumlah pedagang hortikultura, beras nampaknya harga cukup terkendali. Memang ada yang naik seperti cabe, tapi ada yang turun yaitu bawang, kata Wakil Ketua Komisi IV Herman Khairon kepada wartawan di Cibitung, Jawa Barat, Rabu (08/07/2015).

Ia menekankan kondisi ini harus terus di jaga pemerintah dengan catatan stabilisasi bukan hanya menjaga harga sampai pada tingkat tertentu tetapi bagaimana menjaga harga sesuai daya beli masyarakat.

Komisi IV menurut politisi Fraksi Partai Demokrat ini akan terus memantau ketersediaan pangan sampai pada H+7 nanti.

Bicara pada kesempatan yang sama anggota tim kunker Komisi IV Oo Sutisna mengingatkan pemerintah agar jangan hanya terfokus pada upaya menjaga stabilitas menjelang lebaran. Sejumlah kasus menunjukkan pasca lebaran H+7 harga cenderung naik karena pasokan di pasar berkurang.

Harusnya pemerintah jangan memberikan ruang bagi pihak-pihak tertentu bermain pada waktu yang lengah seperti pada H+1 sampai H+7 tadi, karena orang di kiranya kebutuhan hanya untuk lebaran, kita sampaikan tadi kepada pemerintah untuk menjaga kemungkinan ini, kata Oo Sutisna.

Dalam kesempatan kunjungan ke Pasar Cibutung ini, Tim Kunker Komisi IV bertemu dengan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan rombongan yang juga sedang melakukan pantauan lapangan. Ia berjanji akan melakukan pantauan sampai H+7 nanti.

Kunker Komisi IV kali ini di samping memantau harga di Pasar Cibitung, juga meninjau kesiapan PT Berdikari dan Bulog dalam mendukung operasi pasar pemerintah. Tim juga melakukan peninjauan budi daya ikan air tawar di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. (Agus)

loading...

Comments

comments!