Di Kota Bekasi, Sekitar 50 Titik PJU di Lintasan Jalur Mudik Padam

BEKASI Redaksi.co.id Secara keseluruhan infrastruktur jalur lintas mudik di kota Bekasi aman dan siap di lalui pemudik baik dari arah Jakarta atau sebaliknya.Namun bukan hanya infrastrukturnya saja...

23 0

BEKASI Redaksi.co.id Secara keseluruhan infrastruktur jalur lintas mudik di kota Bekasi aman dan siap di lalui pemudik baik dari arah Jakarta atau sebaliknya.

Namun bukan hanya infrastrukturnya saja yang di benahi mestinya Penerangan Jalan Umum (PJU) juga harus di perhatikan. Sekitar 50 titik lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kota Bekasi mati. Padahal beberapa titik itu berada di empat koridor jalur mudik di Kota Bekasi.

Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) dari Dinas Pertamanan, Pemakaman, dan Penerangan Jalan Umum (DPPPJU) Kota Bekasi, Karya menargetkan, seluruh lampu itu akan hidup pada H-3 Lebaran.

Menurut karya, sebelumnya jumlah lampu yang mati terdapat 150 titik, namun sekitar 100 titik sudah di perbaiki sejak 3 Juli lalu.

Berdasarkan analisanya, lampu-lampu itu mati karena di sebabkan beberapa faktor. Di antaranya, usia komponen lampu yang telah usang, cuaca, adanya aksi pencurian dan rusaknya Mini Circuit Braker (MCB) yang berfungsi sebagai alat pengaman arus lebih.

“Titik lampu PJU yang mati, paling banyak ada di Jalan Transyogi yang menuju Jalan Siliwangi,” ujar Karya, Rabu (08/07/2015).

Karya mengatakan, sebagian lampu itu telah di perbaiki oleh pihak ketiga. Sedangkan sisanya, telah di perbaiki oleh petugas piket PJU dari DPPPJU Kota Bekasi.

“Sebanyak 24 petugas yang terbagi dalam empat kelompok sudah di sebar untuk menanggulangi apabila bohlamnya padam. Mereka berkeliling dari pukul 15.00 sampai pukul 03.00,” kata Karya.

Sementara Kepala Dinas PPPJU Kota Bekasi Karto menambahkan, secara keseluruhan lampu PJU yang mati di Kota Bekasi mencapai 4.500 titik. Namun sampai saat ini, baru ada 1.260 titik lampu yang sudah di perbaiki.

“Secara keseluruhan, total lampu PJU di Kota Bekasi ada 26.000 titik. Meski yang mati banyak, tapi kami secara bertahap memperbaiki,” ujar Karto.

Karto menambahkan, pada tahun 2015 anggaran biaya pemeliharaan lampu PJU pada bidang PJU dari DPPPJU Kota Bekasi mencapai Rp. 4 miliar. Anggaran tersebut diperuntukan untuk memelihara seluruh titik lampu PJU se-Kota Bekasi.

Data empat koridor titik lampu yang padam antara lain :

– Sepanjang Jalan KH Noer Alie Kalimalang-Jalan M Hasibuan-Jalan Chairil Anwar.

– Jalan I Gusti Ngurah Rai-Jalan Sudirman-Jalan Ir H Djuanda.

– Transyogi-Siliwangi-Jalan Cut Meutia-Jalan Ir H Djuanda.

– Jalan Sultan Agung-Jalan Sudirman-Jalan Ir H Djuanda.(Agus)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!