Kakorlantas: Pemudik Motor Wajib Masuk Check Point

JAKARTA Redaksi.co.id - Kakorlantas Polri Irjen Condro Kirono mengemukakan, Korps Lalu Lintas Polri telah menyiapkan posko-posko yang menjadi check point bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Seluruh...

42 0

JAKARTA Redaksi.co.id – Kakorlantas Polri Irjen Condro Kirono mengemukakan, Korps Lalu Lintas Polri telah menyiapkan posko-posko yang menjadi check point bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Seluruh pemotor diwajibkan masuk ke check point tersebut setiap tiga jam sekali untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

“Hari ini saya mau ngekor check poin yang mewajibkan sepeda motor masuk. Jadi setiap tiga jam pemudik sepeda motor dari Jakarta ini harus masuk check poin. Mewajibkan masuk. Harus masuk. Istirahatnya 5 menit. Nanti di situ masing masing ada yang meneliti perilaku pemudik pengendara sepeda motor,” kata Irjen Condro Kirono usai pelepasan mudik gratis Jasa Raharja di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (11/7/2015).

Condro menjelaskan, ukuran posko check point itu sangat besar dan mampu menampung hingga 5000 sepeda motor. Setiap motor yang melintas diwajibkan berhenti terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan mudik.

“Yang diutamakan itu pengendara. Jadi pengendara itu harus dalam kondisi sehat ya. Supaya dia ada istirahat, dia konsentrasi. Sehingga dalam perjalanan begitu berhenti saja dia bisa konsentrasi,” ujarnya.

Condro mengatakan, dokter juga disediakan di posko check point itu. Pihaknya juga memilih tempat yang nyaman banyak pepohonan untuk menjadi posko pemudik sepeda motor.

Karena itu, lanjut Condro, pihaknya memilih area kantor-kantor Camat dan kantor KPUD untuk menjadi posko. Di antaranya seperti kantor Camat Ciasem, Indramayu, Brebes, Kabupaten Tegal (Slawi) dan lainnya.

“Ini arus baliknya nanti kena juga, bukan cuma arus mudik saja. Arus balik juga dia masuk. Mau masuk Jakarta juga wajib masuk,” pungkasnya.

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!