Jelang Idul Fitri, Grup 3 Kopassus Berbagi Kepada Masyarakat Pemulung

JAKARTA Redaksi.co.id - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah, sejumlah anggota Grup 3 Kopassus melakukan bakti sosial (baksos) kepada masyarakat pemulung.Bakti sosial ini merupakan kegiatan yang...

41 0

JAKARTA Redaksi.co.id – Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah, sejumlah anggota Grup 3 Kopassus melakukan bakti sosial (baksos) kepada masyarakat pemulung.

Bakti sosial ini merupakan kegiatan yang sering dilakukan Grup 3 Korps Baret Merah menjelang Lebaran. Dengan berbagi kepada masyarakat kurang mampu, para anggota juga dapat merasakan apa yang dirasakan masyarakat.

Ada 200 paket sembilan bahan pokok (sembako), yang dibagi-bagikan kepada ratusan masyarakat pemulung itu, Selasa (14/07/2015) pagi.

Pemberian sembako itu disambut antusias warga setempat. Bahkan sejak truk Kopassus yang membawa sembako datang bersama sekitar 16 orang prajurit itu, warga sudah mulai mengantre.

Lokasi yang sengaja dipilih adalah Kelurahan Cikiwul sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, yang dihuni mayoritas para pemulung sampah. Dipilihnya lokasi tersebut berdasarkan pengamatan para anggota, yang memang perlu disentuh oleh TNI.

Letkol Inf. Herlambang Bayu Kusuma, Komandan Batalyon mewakili Grup 3 Kopassus mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai wujud kepedulian TNI kepada lapisan masyarakat bawah, agar mereka juga dapat merasakan kebahagiaan dan kedamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

“Saya berharap, pembagian sembako ini jangan dilihat dari harganya, akan tetapi lebih kepada bagaimana upaya TNI untuk tetap menjalin hubungan silaturrahim dan kebersamaan yang baik dengan warga,” kata Herlambang sebelum menyerahkan paket sembako.

Herlambang menjelaskan, Kopassus memilih menggelar baksos di Kelurahan Cikiwul, karena sampai sekarang belum pernah ada bantuan yang diberikan untuk warga di wilayah itu. Ia pun memastikan kegiatan serupa menjadi salah satu agenda rutin Kopassus.

“Pembagian sembako hari ini memang untuk menyambut Lebaran, tapi di kesempatan lain kami masih akan menggelar kegiatan baksos seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Tarmin, Ketua IPI (Ikatan Pemulung Indonesia) Koordinator Wilayah Bekasi,mengaku senang dan mengucapkan terimakasih atas perhatian Kopassus kepada masyarakat para pemulung dengan pembagian bingkisan sembako.

“Kami sangat mengucapkan terimakasih kepada Kopassus. Paket sembako ini sebagai berkah bagi kami menjelang Lebaran. Ini juga merupakan bentuk kepedulian kepada kami,” kata Tarmin.

Hal yang sama juga dikatakan seorang ibu dari kalangan pemulung, yang mengganggap bantuan tersebut sebagai berkah tak ternilai.

“Buat para pemulung, bantuan seperti ini merupakan berkah yang tidak ternilai manfaatnya, mengingat banyaknya kebutuhan yang diperlukan saat bulan puasa hingga lebaran nanti,” ungkap ibu tersebut dengan wajah sumringah.

Diketahui, Kelurahan Cikiwul adalah salah satu wilayah yang berada di sekitar lokasi Tempat Pembangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, selain Kelurahan Ciketingudik dan Kelurahan Sumur Batu. Lebih dari 6.500 ton per hari sampah Jakarta dan Bekasi diturunkan di TPA, yang dikelola perusahaan swasta, mitra Pemerintah itu. (DANS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!