Kol. Richard Tampubolon: Kendati Dalam Keterbatasan, Kopassus Tetap Berbagi dengan Masyarakat

1964

JAKARTA Redaksi.co.id – Komandan Grup 3 Kopassus, Kol. Inf. Richard Tampubolon, SH, MM, usai mengikuti kegiatan bakti sosial (baksos) Kopassus di Kelurahan Cijantung, Jakarta Timur mengatakan, kendati dalam keterbatasan, Kopassus tetap ingin maksimal untuk berbagi dengan masyarakat.

Kendati dalam keterbatasan, namun Kopassus tetap ingin maksimal untuk berbagi dengan masyarakat. Terutama menjelang Idul Fitri ini, supaya masyarakat juga ikut merasakan kebahagiaan, kata Richard, usai mengikuti kegiatan baksos, di jalan Asem, RT 07/ RW 01, Kelurahan Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (16/07/2015).

Dikatakan Richard, keterbatasan jumlah paket sembilan bahan pokok (sembako) yang disiapkan Kopassus disesuaikan dengan kemampuan anggaran.

Tentu, untuk paket sembako yang kita siapkan, sesuai anggaran yang ada. Namun, itu hanyalah sebagai simbol faktual dari keinginan kita untuk selalu dekat dengan rakyat. Kita ingin agar rakyat dan TNI tidak ada jarak. Sehingga kita tidak mudah diprovokasi oleh pihak-pihak lain yang tidak bertanggungjawab, tandasnya.

Mantan Dan grup 2 Kopassus, Kandang Menjangan, Sukoharjo ini berharap, yang penting, bisa bersama-sama, berbagi rasa di hari Lebaran.

Kita berharap, walaupun dalam keterbatasan, tapi kita bisa bersama-sama, berbagi rasa, menjalin silaturahmi, khususnya dalam menyambut hari Idul Fitri, bebernya.

Adapun wilayah RW 01 Kelurahan Cijantung, merupakan daerah binaan Kopassus, yang berjarak kurang lebih 2 kilometer dari Mako Cijantung.

RW 01 Kelurahan Cijantung ini merupakan daerah binaan kita. Berbagai kegiatan sering kita lakukan bersama. Termasuk jika para anggota sholat Jumat bersama disini. Tentu ada beberapa kegiatan lainnya yang kadang dikaitkan, dan bisa kita kolaborasi dalam pelaksanaannya, imbuhnya.

Dalam pantauan, ada sekitar 100 paket lebih yang disiapkan, untuk para warga penerima sembako. Pembagian sembako usai penyerahan secara simbolis berlangsung tertib, yang diturunkan satu per satu dari truk Kopassus, dan dibagikan kepada warga.

Pembagian sembako secara simbolis diberikan oleh Danjen Kopassus, Mayjen TNI Doni Monardo, kepada 10 orang. Usai pembagian secarasimbolis, dilanjutkan pembagiannya oleh para anggota, yang langsung diturunkan satu per satu dari truk Kopassus.

Sebelum sambutan Danjen, Ketua RW 01 Kelurahan Cijantung, Dedy memberikan sambutannya. Namun, Dedy mengatakan dirinya grogi saat pidato dihadapan sang Jenderal.

Maaf pak Jenderal. Saya jadi grogi memberikan sambutan didepan Bapak. Baru kali ini saya begini, ucap Dedy, membuat hadirin tertawa dan malah bertepuk tangan.

Satu jam sebelumnya, Danjen bersama jajarannya juga melakukan pembagian sembako di RW 02, Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Danjen dan rombongan menyeberangi sungai Ciliwung dengan getek, menuju lokasi pembagian sembako. Lebih 100 paket sembako dibagikan kepada warga setempat, yang juga dihadiri Lurah Lenteng Agung, Amin Syarifuddin.

Hadir mendampingi Danjen Kopassus dalam kegiatan baksos jelang takbiran tersebut: Wakil Danjen, Brigjen TNI Santos Matondang; Dan Grup 3, Kol. Inf. Richard Tampubolon; Asintel Danjen; Asops Danjen; Aspers Danjen; Aslog Danjen; Asren Danjen, dan lainnya. Turut hadir, Kapolsek Cijantung, Lurah dan muspida setempat.

Sementara itu, dua hari sebelumnya, kegiatan baksos juga dilakukan sejumlah anggota Grup 3 Kopassus kepada masyarakat pemulung. Lokasi yang dipilih adalah Kelurahan Cikiwul sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, yang dihuni mayoritas para pemulung sampah.

Kegiatan baksos ini merupakan bagian dari kebjakan TNI, yang harus bisa dekat dengan masyarakat, khususnya disekitar lingkungan markas TNI itu sendiri. Baksos dilakukan Kopassus setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri. (DANS)

loading...

Comments

comments!