Dua Lokasi Lahan Tebu di Rembang Terbakar

REMBANG Redaksi.co.id -Kemarau panjang yang melanda sejumlah wilayah Kabupaten Rembang rentan memicu kebakaran lahan pertanian. Seperti yang terjadi Minggu (2/8) siang kebakaran tanaman tebu terjadi di dua...

10 0

REMBANG Redaksi.co.id –Kemarau panjang yang melanda sejumlah wilayah Kabupaten Rembang rentan memicu kebakaran lahan pertanian. Seperti yang terjadi Minggu (2/8) siang kebakaran tanaman tebu terjadi di dua lokasi berbeda.

Kejadian pertama, api melalap lahan tebu di desa Tireman, Rembang, tepatnya sebelah selatan gudang Soklin. Usai api berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar, terjadi kebakaran tebu serupa yang melanda lahan di sebelah selatan lapangan sepak bola desa Sulang Kecamatan Sulang.

Mustamaji, salah satu warga desa Sulang mengatakan api membesar cepat karena angin bertiup kencang.

“Warga sekitar lokasi kejadian ikut membantu memadamkan api mereka khawatir nantinya menjalar ke permukiman penduduk,” ungkapnya.

Salah satu petugas pemadam kebakaran dari Pemkab Rembang, Sarpani menjelaskan api yang berasal dari lahan tebu di Desa Tireman sempat merembet ke kebun jati. “Karena jaraknya jauh dan selang air tidak mencukupi, pemadaman terpaksa menggunakan cara tradisional, yakni memakai ranting pohon, dipukul pukulkan ke titik api,” terangnya.

Pihaknya mengetahui persis penyebab kebakaran di dua titik lahan tebu tersebut. Namun disinyalir karena ada warga yang membuang puntung rokok sembarangan. “Begitu terkena daun kering percikan api rokok rawan membesar,” tandasnya.(Hasan)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!