Belanda Buat Teknologi Baru Atasi Banjir

828

redaksi.co.id – Belanda Buat Teknologi Baru Atasi Banjir

DELF — Ilmuwan Belanda menciptakan mesin pencipta gelombang terbesar di dunia. Mesin gelombang yang ditempatkan di Deltares Research Institute ini diletakkan di dekat Delf ini merupakan upaya pengembangan teknologi untuk melindungi negara tersebut terhadap banjir.

Perancang mesin Delta Flume, Bas Hofland mengatakan sejauh ini, gelombang tertinggi yang bisa dihasilkan yakni 5 meter. Delta Flume memiliki panjang 291 meter, lebar 5 meter dan kedalaman 9,5 meter. “Kemarin, kita berhasil membuat gelombang 5 meter, tapi kita berharap bisa mendapatkan yang lebih dari itu,” ujar dia, seperti diberitakan Daily Mail.

Berkapasitas 9 juta liter air, pompa ini bisa menahan 1000 liter per detik. Mesin ini bisa menghasilkan gelombang yang mendorong air bolak balik di dinding baja yang dibangun setinggi 10 meter.

Selama ini Belanda dipandang sebagai pemimpin dalam hal teknologi manajemen banjir. Negara yang terletak di dataran rendah ini terus berjuang untuk melindungi tanah mereka dari banjir. Pada tahun 1953, hampir 2.000 orang tewas karena gelombang tinggi dan banjir . Hal ini menjadikan pembangunan jaringan bendungan menjadi upaya untuk melindungi dari banjir.

Pakar Ekologi pesisir Bregje van Wesenbeeck mengatakan negara itu masih perlu sistem yang di masa depan bisa lebih melindungi negara itu dari ancaman banjir. Saat ini, para ilmuwan sedang dalam proses menyelesaikan pengujian terakhir sebelum dilucurkan pada Oktober mendatang.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

loading...

Comments

comments!