Kisah Pria Miskin Bangun Replika Taj Mahal Demi Cintanya pada Istri

redaksi.co.id - Kisah Pria Miskin Bangun Replika Taj Mahal Demi Cintanya pada Istri Seorang pria miskin rela menghabiskan setiap sen uang simpanannya membangun replika Taj Mahal...

40 0

redaksi.co.id – Kisah Pria Miskin Bangun Replika Taj Mahal Demi Cintanya pada Istri

Seorang pria miskin rela menghabiskan setiap sen uang simpanannya membangun replika Taj Mahal untuk memperingati arwah istrinya. Ia melakukan hal tersebut demi cinta yang dalam terhadap istrinya.

Portal Daily Mail melaporkan, Faizul Hasan Quadri, 80, dari sebuah desa kecil di Kaser Kalan, Uttar Pradesh, India utara membangun replika Taj Mahal itu sejak Februari 2012 di taman di belakang rumahnya, yang juga tempat persemadian istrinya, Tajamulli yang meninggal dunia pada usia 53 tahun.

Tajamulli meninggal dunia akibat kanker mulut. Bagi Faizul, istrinya merupakan cinta pertama dan terakhirnya. Pasangan tersebut juga tidak dikaruniai anak.

Namun, pembangunan replika yang hampir siap itu terpaksa dihentikan menyusul Faizul kekurangan dana. Sampai hari ini, Faizul sudah menghabiskan sebanyak 110.000 pound atau Rp244 juta.

Meskipun negara, masyarakat, pengusaha termasuk jutawan di India menawarkan bantuan untuk membiayai usahanya menyiapkan monumen cintanya itu, namun Faizul menolaknya dengan baik.

Menurut Faizul, dia hanya ingin menggunakan uangnya sendiri untuk menyiapkan Taj Mahal buat istrinya.

“Ketika negara datang mau membantu, saya tolak dan memohon kepada mereka agar mengembangkan sekolah di kampung kami menggunakan dana yang akan diberikan kepada saya. Saya rasa itu lebih baik.

“Replika ini khusus buat istri saya, saya akan menggunakan segala kemanpuan yang ada untuk menyiapkan Taj Mahal ini. Sampai sekarang, saya telah menjual tanah, menghabiskan tabungan serta uang pensiun saya, bahkan perhiasan istri saya juga sudah saya jual,” katanya, baru-baru ini.

Faizul berharap ‘Taj Mahal’ mininya dapat disiapkan sebelum dia menghembuskan nafas terakhir. Dia juga berharap jasadnya bisa dimakamkan di samping kuburan istri tercintanya setelah dia meninggal dunia.

Taj Mahal merupakan simbol cinta agung Shah Jahan terhadap istrinya Mumtaz Mahal yang mulai dibangun pada 1632 dan selesai sepenuhnya pada 1648.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!