Ini 5 Tips Sukses Ala Bill Gates

redaksi.co.id - Ini 5 Tips Sukses Ala Bill Gates Perusahaan perarangkat lunak ternama Microsoft didirikan oleh Bill Gatespada 40 tahun lalu. Mulai saat itu pula ia...

33 0

redaksi.co.id – Ini 5 Tips Sukses Ala Bill Gates

Perusahaan perarangkat lunak ternama Microsoft didirikan oleh Bill Gatespada 40 tahun lalu. Mulai saat itu pula ia mulai menapaki jalan untuk menjadi orang terkaya di dunia. Tetapi pada saat itu uang bukanlah tujuan utama, melainkan ingin merevolusi dunia dengan meletakkan komputer di setiap meja.

Bill Gates fokus pada cita-cita besarnya dan kini ia memiliki kekayaan sekitar US$ 79,2 miliar atau sekitar Rp 1.137 triliun (asumsi kurs Rp 14.364 per dolar Amerika Serikat). Berikut ini adalah petuah – petuah Bill gates yang kita dapat pelajari bersama dilansir dari Gobangkingrates , pada Jumat, (18/9/2015) :

1. Menampung kritik

Disediakan oleh Liputan 6 Pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg akan mempertimbangkan untuk menyediakan fitur ‘Dislike’.

Dalam bukunya “Bisnis @ the Speed of Thought,” yang dirilis pada 1999, Gates menulis tentang pentingnya umpan balik negatif. Dia mengatakan, keluhan dan ketidakpuasan harus dikaji supaya dapat lebih baik. “Pelanggan yang paling tidak puas adalah pelajaran terbesar Anda,” tulisnya.

2. Biasakan mengatakan tidak

Satu hari hanya 24 jam. Perbedaan antara orang sukses dan yang “belum sukses” adalah bagaimana mereka memanfaatkan waktu.

Dalam sebuah wawancara di Harvard University, ia mengulangi pesan Warren Buffet untuknya: “Anda harus pandai mengatakan tidak”. Gates mengatakan, hal itu merupakan salah satu saran terbaik yang pernah ia terima. “Mengatakan tidak memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi pada hal-hal yang benar-benar membuat perbaikan, ujar Gates.

3. Optimistis

Disediakan oleh Liputan 6 7 sifat yang bakal menuntun kamu jadi seorang pengusaha sukses.

Gates dan istrinya Melinda memberikan kuliah umum kepada mahasiswa di Stanford University pada 2013. Bill berbicara panjang lebar tentang keyakinan dan optimismenya. “Optimisme sering dianggap sebagai harapan palsu. Namun ada juga keputusasaan palsu,” tutur Gates.

4. Memaknai kesuksesan

Disediakan oleh Liputan 6 Proyek kantormu sukses dan memuaskan? Rayakan bersama klien dan rekan kerjamu malam ini.

Dalam buku “The Road Ahead”, Gates menulis kegagalan sering mengajarkan Anda tentang sukses dari pada kesuksesan itu sendiri.

“Sukses adalah guru yang jelek. Kesuksesan mengubah pola pikir orang cerdas untuk tidak mau menerima kegagalan, “tulisnya.

Dia mengatakan, apa yang tampaknya sebuah rencana bisnis yang sempurna, dan teknologi terbaru saat ini dapat segera out-of-date seperti tape 8-track, televisi tabung atau komputer. “Saya telah menyaksikan hal itu terjadi,” ujar Gates.

5. Ukur Kemajuan Anda

Disediakan oleh Liputan 6 10 Ide Tangga Unik yang Bakal Bikin Kamu Enggak Malas Naik Tangga | via: lolwot.com

Dalam annual letter 2013 dari Bill and Melinda Gates Foundation, Gates menulis tentang buku yang sedang dibacanya, “The Most Powerful Idea in the World.” Buku ini menceritakan penemuan mesin uap, dan Gates memetik pelajaran penting dari buku tersebut .

“Anda dapat mencapai kemajuan yang luar biasa jika Anda menetapkan tujuan yang jelas, dan menentukan indikator keberhasilan, yang akan mendorong kemajuanmenuju tujuan itu,” kata Gates.

Bill mengatakan, saran tersebut cukup mendasar, namun sangat heran karena saran tersebut jarang diikuti dan betapa sulitnya untuk mencoba saran tersebut. (Ilh/Ahm)

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!