Spanyol Pecah, Barcelona Tinggalkan La Liga

    533

    redaksi.co.id – Spanyol Pecah, Barcelona Tinggalkan La Liga

    OLEH DEWI AGRENIAWATI

    Presiden LFP Javier Tebas mengatakan Barcelonadan Espanyol kemungkinan tak bisa melanjutkan perjalanan mereka di La Liga jika Catalunya memutuskan merdeka dari Spanyol.

    Wacana pemisahan Catalunya dari Spanyol kembali mencuat belakangan ini, dengan pemilihan presiden akan digelar pada Minggu sementara proses memerdekakan diri kini menjadi agenda penting para pemilih di kawasan tersebut.

    Berita kemerdekaan Catalunya pun membuat banyak tokoh sepakbola ikut angkat bicara, diantaranya Pep Guardiola, Xavi Hernandez dan Gerard Pique yang secara terang-terangan mendukung pemisahan dari Spanyol.

    Tak sedikit figur yang mengklaim Blaugrana masih bisa tetap tampil di La Liga meski Catalunya akhirnya merdeka, tapi Tebas punya pendapat lain, yang ia sampaikan melalui akun Twitter.

    Jika Spanyol pecah, demikian juga dengan La Liga. Mari berharap semoga kita tak pernah mencapai situasi yang aneh tersebut.

    Pernyataan tersebut menguatkan opini Menteri Olahraga Spanyol Miguel Cardenal beberapa waktu lalu.

    FC Barcelona tak akan bisa melanjutkan kompetisi di liga Spanyol, katanya pekan lalu.

    Aneh untuk berpikir bahwa jika Catalunya merdeka, klub bisa meminta didaftarkan oleh federasi Spanyol.

    Sementara itu presiden Josep Maria Bartomeu, diwawancarai setelah kemenangan 4-1 atas Levante, menegaskan enggan terlibat dalam politik jelang referendum.

    Kami selalu bicara tentang olahraga. Kami tidak akan kampanye.Saya mengerti politikus harus melakukannya, tapi Barca akan menunjukkan kami netral.

    (red/endarmono/l/idarto/HAS)

    loading...

    Comments

    comments!